Warga Hindu DKI Keluhkan Minimnya Fasilitas Kremasi, Ini Jawaban Anies - Kompas.com

Warga Hindu DKI Keluhkan Minimnya Fasilitas Kremasi, Ini Jawaban Anies

Kompas.com - 05/11/2017, 14:26 WIB
Anies berdialog dengan warga Jakarta beragama Hindu.IWAN SUPRIYATNA/KOMPAS.com Anies berdialog dengan warga Jakarta beragama Hindu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (5/11/2017).

Sebelum memberi sambutan, Anies mendapatkan curhatan terlebih dahulu dari perwakilan warga Jakarta yang beragama Hindu.

Ketua Suka Duka Hindu Dharma Provinsi DKI Jakarta, Made Sudartha mengatakan, fasilitas kremasi di Jakarta belum begitu banyak.

Sedangkan saat ini, ada 105.000 warga Hindu yang terdaftar di DKI Jakarta.

"Kami sebelumnya sudah disediakan areal pemakaman seluas 2 hektar, tapi kan orang Hindu kalau meninggal tidak dikubur. Jadi menurut kami dari pada sia-sia lebih baik ditukar dengan fasilitas kremasi yang masih minim," ucap Made Sudartha saat memberikan sambutan di acara pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri.

(baca: Anies Janji Fasilitasi Pendidikan Agama Hindu)

Setelah mendengarkan curhatan tersebut, Anies berjanji akan menyediakan fasilitas kremasi yang memadai untuk warga DKI Jakarta yang beragama Hindu.

"Ya, nanti akan kita siapkan. Ini juga cukup penting, karena warga Hindu kalau meninggal tidak dikubur melainkan dikremasi, ini akan jadi pertimbangan," ucap Anies.

Meski belum menyebutkan berapa banyak penambahan fasilitas kremasi dan dimana saja penempatannya, Anies mengak,  akan membahasnya di Pemprov DKI dan berencana memasukannya ke anggaran tahun 2018.

"Ini akan kami bahas, akan kami masukan di buku anggaran tahun 2018," pungkas Anies.


EditorSandro Gatra
Komentar

Close Ads X