Ini Perlintasan Sebidang di Jakarta yang Akan Ditutup

Kompas.com - 06/11/2017, 18:27 WIB
Situasi penutupan perlintasan Kereta Api di Jalan Angkasa, Jakarta Pusat stanlySituasi penutupan perlintasan Kereta Api di Jalan Angkasa, Jakarta Pusat
Penulis Stanly Ravel
|
EditorIndra Akuntono

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penutupan perlintasan sebidang atau perlintasan kereta api yang melalui jalan raya akan dilakukan di 19 titik di Jakarta. Rencana penutupan itu akan dieksekusi bertahap.

Ketika dikonfirmasi kapan penutupan semua perlintasan sebidang itu akan dilaksanakan, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Joice Hutajulu mengatakan belum ditetapkan waktu pastinya.

Menurut dia, penutupan perlintasan sebidang harus melalui koordinasi dengan seluruh instansi terkait.

"Soal pelaksanaan tidak bisa diprediksi kapan, karena kami ini berkordinasi dengan berbagai macam pihak, ada Dishub, Wali Kota, kepolisian, ada Perhubungan, dan lainnya. Jadi bukan dari kami sendiri," kata JoIce, saat dihubugi Kompas.com, Senin (6/11/2017).

Menurut Joice, 19 perlintasan sebidang yang akan ditutup dipastikan diganti jalur alternatif berupa underpass atau flyover.

"Kami ini kan menjalankan undang-undang, jadi memang seharusnya jalur kereta api dan jalan umum itu levelnya tidak boleh sama. Untuk saat ini konsentrasinya jadi pada perlintasan yang sudah memiliki underpass atau flyover yang kita tutup secara bertahap," ucap Joice.

Baca : Perlintasan KA Jalan Angkasa Ditutup Permanen, Warga Mengeluh Tambah Macet

Banner berisi pemberitahuan penutupan perlintasan kereta api terpasang di tembok fly over yang terletak di depan ITC Roxy, Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Banner berisi pemberitahuan penutupan perlintasan kereta api terpasang di tembok fly over yang terletak di depan ITC Roxy, Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).

Joice menyampaikan, penutupan 19 perlintasan sebidang itu tidak akan selesai pada tahun ini karena belum ditetapkan mekanisme dan rekayasa lalu lintas selama penutupan hingga jalur alternatif selesai dibangun.

Baca: Uji Coba Penutupan Pelintasan KA Roxy Dilakukan Pekan Ini

Berikut daftar 19 perlintasan sebidang yang akan ditutup;

Lintas Duri Tangerang

Rawa Buaya 1 (JPL No 14 di Km 8+17)
Rawa Buaya 2 (JPL No 14 di Km 8+17)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X