Monas Berubah Konsep Jadi Taman, Sandiaga Sebut Perlu Ada Perawatan Khusus - Kompas.com

Monas Berubah Konsep Jadi Taman, Sandiaga Sebut Perlu Ada Perawatan Khusus

Kompas.com - 13/01/2018, 14:45 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyapa dan bersalaman dengan warga dalam kegiatan OK Cleanup Day atau membersihkan lingkungan di Kampung Pesisir Jakarta, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyapa dan bersalaman dengan warga dalam kegiatan OK Cleanup Day atau membersihkan lingkungan di Kampung Pesisir Jakarta, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, biaya perawatan rumput di kawasan Monas, Jakarta Pusat, menggunakan dana yang sudah ada.

Menurut Sandiaga, Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas Munjirin menyebut masih banyak anggaran yang penggunaannya belum optimal.

"Rupanya kemarin Pak Munjirin sampaikan banyak dana yang belum teroptimalisasi dan itu bisa nanti diarahkan dengan konsep yang baru," ujar Sandiaga di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).

Konsep baru yang dimaksud Sandiaga yakni menjadikan kawasan Monas sebagai taman yang bisa dinikmati warga, bukan kebun. Dengan konsep tersebut, warga bebas duduk dan menginjak rumput.

Baca juga: Perubahan Wajah Monas Era Pemerintahan Anies-Sandi...

Pagar taman atau pagar pembatas rumput di kawasan Monas, Jakarta Pusat, telah dicopot. Warga pun tampak duduk di atas rumput. Namun, tanda peringatan Jangan Injak Aku yang dipasang di area rumput masih terpasang. Foto diambil Kamis (11/12/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Pagar taman atau pagar pembatas rumput di kawasan Monas, Jakarta Pusat, telah dicopot. Warga pun tampak duduk di atas rumput. Namun, tanda peringatan Jangan Injak Aku yang dipasang di area rumput masih terpasang. Foto diambil Kamis (11/12/2018).
"Akan ada tugas khusus ke Pak Munjirin di sana untuk melakukan pengawasan. Sekarang rumputnya itu harus menjadi bagian dari konsep baru, park, berarti harus ada perawatan khusus," kata dia.

Meski demikian, Sandiaga tidak menyampaikan dana yang sudah tersedia untuk perawatan rumput di Monas. Dia hanya menyebutkan masih mengkaji apakah perawatan rumput itu memerlukan biaya tambahan.

Baca juga: Kata Sandiaga, Pagar Rumput Monas Dicopot Juga karena Kritik Menteri Rini

"Nanti kami akan lihat juga, apakah diperlukan tambahan biaya untuk perawatan khusus," ucap Sandiaga.

Kantor Pengelola Kawasan Monas mulai mencopot pagar taman atau pagar pembatas rumput di dalam kawasan Monas sejak beberapa hari yang lalu.

Baca juga: Anies-Sandi Ingin Monas sebagai Taman Kota, Pagar Pembatas Rumput Dicopot

Selain untuk menjadikan Monas sebagai taman kota, pagar pembatas rumput itu juga dicopot karena mulai rusak dan patah.

Setelah pagar sling itu dicopot, Anies-Sandiaga memperbolehkan warga duduk-duduk di rumput.


Kompas TV Libur tahun baru dimanfaatkan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X