Kata Sandiaga soal Usul Majukan Waktu Ganjil Genap di Sudirman-Thamrin - Kompas.com

Kata Sandiaga soal Usul Majukan Waktu Ganjil Genap di Sudirman-Thamrin

Kompas.com - 17/04/2018, 19:21 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga UnoKompas.com/Akhdi Martin Pratama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut positif usulan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), untuk memajukan waktu penerapan sistem ganjl genap di Jalan Sudirman menuju MH Thamrin.

Menurut Sandiaga, usulan tersebut saat ini masih dalam tahap pengkajian. "Kita akan kaji, dan itu kita apresiasi sekali BPTJ untuk mengurangi kemacetan di Jakarta," ujar Sandiaga di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

Baca juga : BPTJ Minta Pemprov DKI Majukan Waktu Ganjil Genap di Sudirman-Thamrin

Sandiaga mengatakan, usulan tersebut perlu dibicarakan lebih lanjut dengan stakeholder terkait. "Kita harapkan secara langkah yang betul-betul menurunkan (kemacetan) khususnya mau masuk Asian Games," ujar Sandiaga.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono sebelumnya meminta Pemprov DKI untuk memajukan waktu penerapan sistem ganjl genap di Jalan Sudirman menuju MH Thamrin.

Baca juga : Ada Ganjil-Genap, BPTJ dan Dishub Bahas Pengaturan Waktu Traffic Light

Bambang mengatakan, hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan di Tol Cawang akibat imbas sistem ganjil genap di Tol Bekasi, yang telah diterapkan beberapa waktu lalu.

Diprediksi, dengan uji coba penerapan ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta dan Tol Jagorawi, bakal berdampak pada kepadatan di kawasan Cawang.

"Kami berpikir lagi, ini bagaimana di Cawang, jadi kami lakukan simulasi. Kami coba berdiskusi dengan Pemprov DKI agar ganjil genap di DKI dimajukan dari jam 06.00 WIB, sekarang kan jam 07.00 WIB. Supaya arus kendaraan dari Cawang tersedot," kata Bambang, saat ditemui di pintu masuk Tol Kunciran 2, Senin (16/4/2018).


Komentar

Close Ads X