Begini Penampakan Pembangunan Rusunami DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa

Kompas.com - 08/10/2018, 16:13 WIB
Rumah DP 0 rupiah, Klapa Village, Jaktim, Senin (8/10/2018)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Rumah DP 0 rupiah, Klapa Village, Jaktim, Senin (8/10/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan rusunami DP 0 rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur, memasuki tahap pembangunan lantai 3.

"Untuk saat ini mungkin kurang lebih (progres pengerjaan) 13 hingga 14 persen. Sudah sampai tahap pengecoran lantai 3," ujar Wakil General Manager Kerja Sama Operasi (KSO) PD Sarana Jaya Rizal Han, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (8/10/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, pekerja terlihat membangun tiang lantai 3. Kemudian ada pula pekerja yang memasang plat dan kolom lantai 3. 

Baca juga: Fraksi PKS DPRD DKI Kritik Lambatnya Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah


Terlihat besi-besi penyangga berdiri untuk menopang bangunan.

Batu bata dan besi-besi terlihat berserakan di samping pembangunan rusunami DP 0.

Beberapa alat berat seperti crane juga terlihat beroperasi mengangkat alat-alat bangunan dengan para pekerja yang berlalu lalang menyelesaikan tugasnya masing-masing.

Baca juga: Anies: Jangan Khawatir, Program DP 0 Rupiah Jalan Terus

Di musim panas seperti sekarang ini, lokasi proyek yang memiliki tanah berwarna merah, seringkali menerbangkan debu di tempat tersebut.

Di beberapa sisi lokasi proyek, terpasang spanduk pengumuman keselamatan seperti "Daerah wajib menggunakan APD (Alat Pelindung Diri)" serta "Mulai pekerjaan dengan semangat dan akhiri dengan selamat".

Namun Kompas.com belum bisa memasuki pembangunan rusunami tersebut karena masih dalam tahap pengerjaan dengan posisi besi dan alat bangunan lainnya yang belum bisa dilintasi.

Baca juga: DKI Anggarkan Rp 717 Miliar di APBD-P 2018 untuk Subsidi Rumah DP 0

Sementara itu, rusunami yang berdiri di atas 1,5 hektar ini direncanakan akan selesai pembangunannya hingga 21 lantai pada Juli 2019.

"Kalau topping off sampai lantai 21 itu rencana kami bulan Desember atau Januari. Rampung Juli atau Agustus 2019," ujar Rizal. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X