Sebulan Beroperasi, Metrotrans Terintegrasi MRT Dukuh Atas Masih Sepi Peminat

Kompas.com - 23/04/2019, 20:17 WIB
Bis Metrotrans Transjakarta terintegrasi Stasiun MRT Dukuh Atas masih sepi peminat usai sebulan beroperasi.KOMPAS.com/ VITORIO MANTALEAN Bis Metrotrans Transjakarta terintegrasi Stasiun MRT Dukuh Atas masih sepi peminat usai sebulan beroperasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta mengoperasikan sejumlah bus metrotrans yang terhubung langsung dengan Stasiun MRT Dukuh Atas sejak 22 Maret 2019.

Ada empat rute yang dilayani metrotrans tersebut, yakni DA1 (Dukuh Atas-Sam Ratulangi), DA2 (Dukuh Atas-Tanah Abang), DA3 (Dukuh Atas-Kuningan), dan DA4 (Dukuh Atas-Kota).

Namun, hingga Selasa (23/4/2019), bus-bus metrotrans tersebut masih sepi peminat.

Pantauan Kompas.com sepekan terakhir, tak jarang bus metrotrans tadi berangkat dari Stasiun MRT Dukuh Atas tanpa penumpang, apalagi pada waktu siang-sore.


Hal serupa juga kadang terjadi pada arah sebaliknya.

"Mungkin karena baru jalan sebulan, ya, jadi masih sepi," ujar Julianto, seorang pencatat odometer ketika ditemui Kompas.com, Selasa malam.

Baca juga: Cegah Kesemrawutan, MRT Jakarta Akan Pagari Trotoar di Lebak Bulus

Pria yang akrab disapa Juli itu menyebut, limpahan penumpang metrotrans dari dan menuju Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun KA Sudirman, dan Stasiun Bandara BNI City masih belum seberapa.

Padahal, pengoperasian rute ini diharapkan mampu menciptakan konsep integrasi antarmoda yang lengkap di Dukuh Atas.

"Kalau misal jam kerja baru mulai-mulai ramai belakangan ini, kayaknya itu orang juga baru mulai pada tahu," ucap dia.

"Paling ke Kuningan sama Kota yang rada ramean," kata Juli.

Sementara itu, limpahan penumpang yang cukup banyak dari Dukuh Atas justru terlihat pada bus transjakarta rute GR1 Harmoni-Senayan, meskipun bus tersebut berhenti di jalan layang Jenderal Sudirman.

Penumpang perlu naik-turun tangga untuk mencapainya, berbeda dengan metrotrans yang mengendap di area layby tepat di depan Stasiun MRT Dukuh Atas.

"Jelaslah itu (GR1) ramai, gratis," kata Juli. Metrotrans beroperasi dengan tarif reguler seharga Rp 3.500 sekali jalan.

Halaman:



Close Ads X