Dishub DKI Sedang Kaji 3 Hal Terkait Pengoperasian Skuter Elektrik

Kompas.com - 18/10/2019, 21:53 WIB
Pada 9 Mei 2019 lalu di The Breeze BSD City, Sinarmas Land bersama dengan Grab meluncurkan GrabWheels sebagai solusi mobilitas inovatif ramah lingkungan di BSD City. Layanan ini berbentuk skuter listrik yang bisa digunakan di beberapa lokasi di BSD City dan dapat dinikmati secara gratis selama masa uji coba. Dokumentasi Instagram The Breeze BSD CityPada 9 Mei 2019 lalu di The Breeze BSD City, Sinarmas Land bersama dengan Grab meluncurkan GrabWheels sebagai solusi mobilitas inovatif ramah lingkungan di BSD City. Layanan ini berbentuk skuter listrik yang bisa digunakan di beberapa lokasi di BSD City dan dapat dinikmati secara gratis selama masa uji coba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov DKI masih menyiapkan regulasi untuk skuter elektrik atau otoped listrik.

Ia mengatakan hal itu di Balai Kota, Jumat (18/10/2019).

Belakangan ini skuter elektrik atau otoped listrik ramai dimanfaatkan warga untuk berkeliling baik sebagai hiburan maupun untuk beraktivitas.

Saat ini Dishub DKI sedang mengkaji beberapa hal terkait penerapan regulasi tersebut.  Syafrin mengatakan, ada tiga aspek yang jadi perhatian utama pihaknya.

Baca juga: Skuter Elektrik Bisa Melintas di Jalur Sepeda

Pertama, soal teknis kecepatan skuter listrik.

“Pengkajiannya dari aspek teknis kemudian operasionalnya termasuk di dalamnya kecepatan,” ucap Syafrin.

Kedua, soal batasan usia orang yang diperbolehkan naik skuter listrik.

“Termasuk dalamnya usia, jadi jangan sampai usia pengguna itu ada anak kecil yang tidak ngerti rambu-rambu apa dia menggunakan itu, sementara dia ada kecepatan tertentu yang harus dia lalui,” kata Syafrin.

Ketiga, terkait lajur mana saja yang diperbolehkan untuk dilalui skuter listrik.

Biasanya skuter listrik melaju di trotoar maupun di badan jalan bersama mobil maupun sepeda motor.

“Jadi sedang kami kaji bersama-sama, kemudian mereka akan gunakan lajur mana itu juga akan masuk ke dalam kajian yang sedang kami siapkan," ucapnya.

Adanya skuter listrik didukung Pemprov DKI Jakarta yang saat ini sedang menggalakan kendaraan listrik demi mengurangi emisi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X