Fraksi PDI-P Dominasi Pimpinan Komisi dan Badan di DPRD DKI dengan 6 Jabatan

Kompas.com - 21/10/2019, 19:38 WIB
Suasana rapat paripurna ketiga DPRD DKI Jakarta, di lantai 3, Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019). KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGISuasana rapat paripurna ketiga DPRD DKI Jakarta, di lantai 3, Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi PDI-P mendominasi jabatan pimpinan pada alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD DKI Jakarta.

Pada rapat paripurna ketiga DPRD DKI Jakarta, di lantai 3, Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019), ditetapkan enam jabatan pimpinan AKD yang dipegang PDI-P, yaitu sekretaris komisi B, wakil ketua fraksi komisi C, ketua komisi D, dan sekretaris komisi E.

Kemudian ketua bapemperda, ketua banggar, dan ketua bamus juga dipegang oleh PDI-P.

Selanjutnya fraksi yang memegang jabatan pimpinan AKD terbanyak dari Fraksi Gerindra dan PKS yang masing-masing menduduki empat jabatan.

Baca juga: Ini Daftar Pimpinan dan Anggota Empat Badan di DPRD DKI

AKD sendiri terbagi dalam dua, yaitu komisi dan badan. Komisi terbagi atas lima, yakni Komisi A bidang pemerintahan, Komisi B bidang perekonomian, Komisi C bidang keuangan, Komisi D bidang pembangunan, dan Komisi E bidang kesejahteraan rakyat (kesra).

Lalu empat badan adalah badan anggaran, badan kehormatan, badan musyawarah, dan badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda).

Ada tiga pimpinan dari masing-masing komisi, yaitu ketua komisi, wakil ketua komisi, dan sekretaris komisi. Jika dikalikan maka ada 15 pimpinan komisi.

Baca juga: Ini Daftar Pimpinan dan Anggota Komisi di DPRD DKI Jakarta

Selain itu ada dua pimpinan dari setiap badan, yaitu ketua badan dan wakil ketua badan. Namun, karena badan anggaran dan badan musyawarah langsung dipegang oleh pimpinan DPRD DKI Jakarta maka tak dihitung.

Hanya ada empat pimpinan badan yang diambil dari anggota DPRD DKI Jakarta.

Berikut rinciannya:

Komisi A

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X