Cegah Banjir, 9 Stasiun MRT Fase 2 Akan Dipasangi Panel Pelindung

Kompas.com - 27/02/2020, 22:03 WIB
Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar saat pemaparan di Kantor PT MRT Jakarta, Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020) KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIDirektur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar saat pemaparan di Kantor PT MRT Jakarta, Gedung Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Moda Raya Terpadu ( MRT) Jakarta William P Sabandar mengungkapkan, segi ketahanan banjir akan menjadi perhatian dalam pembangunan Stasiun MRT Jakarta fase 2.

Pasalnya, stasiun MRT fase 2 dengan rute Utara-Selatan banyak yang lebih rendah dari permukaan air laut. Apalagi posisi stasiun rata-rata berada di bawah tanah.

"Jadi ke utara itu aspek kami terhadap mitigasi bencana harus semakin tinggi perhitungannya dan itu satu aspek yang membuat kenapa MRT sangat berhati-hati. Kalau kami bangun konstruksi harus betul-betul dengan perhitungan sistem pengaliran air," ucap William di Kantor PT MRT Jakarta, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Depo MRT Jakarta Fase 2 Akan Dibangun di Ancol Barat

Di seluruh stasiun MRT fase 2 bakal dibangun tangga atau lantai pada pintu yang ditinggikan dengan ukuran sekitar 1,5 meter. Selain lantai pada pintu masuknya yang ditinggikan, akan dipasang pula panel pelindung banjir (flood protection panel) setinggi 70 sentimeter.

"Mungkin semua stasiun yang sedang dibentuk sekarang itu akan pertama kita siapkan dengan, jadi ground elevation akan diangka juga. Ini yang kita akan lakukan di sepanjang stasiun bawah tanah. Ke utara ini ada 10 stasiun dan dari 10 itu stasiun 9 bawah tanah," jelasnya.

Untuk saat ini flood protection panel ada di dua stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Bundaran Hotel Indonesia dan Stasiun Dukuh Atas. Selanjutnya akan dipasang di dua stasiun lainnya, yaitu Stasiun Setiabudi dan Stasiun Bendungan Hilir.

"Jadi ini juga kondisi yang harus kira antisipasi. Ini juga jadi pembelajaran kita untuk buat fase berikutnya," tambah William.

Baca juga: MRT Jakarta Fase 2 Diusulkan Diperpanjang hingga Ancol

Pembangunan MRT rute Bundaran HI-Kota dibagi menjadi paket konstruksi CP200 sampai CP206. CP200 berupa konstruksi struktur gardu induk sudah selesai dibangun di Monas.

Sementara paket CP202 sampai CP206 masih proses lelang hingga Juni 2020. Pengerjaan konstruksi CP202 sampai CP206 ditargetkan dimulai Juli 2020.

MRT fase 2 akan memiliki 10 stasiun yaitu Stasiun, Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, Mangga Dua, Ancol, dan Depo.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X