Kompas.com - 18/01/2021, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memperbolehkan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) kategori lanjut usia (lansia) dan disabilitas diwakilkan oleh pihak keluarga.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (18/1/2021).

"Lansia dan disabilitas bisa dikuasakan kepada pihak keluarga," kata Ali.

Ali melanjutkan, yang bisa mewakili penerima BST tersebut adalah mereka yang tercantum salam satu Kartu Keluarga (KK).

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Pemprov DKI Diminta Waspadai Kerumunan Saat Pembagian BST

Sedangkan untuk yan tidak tercantum di KK harus menyertakan surat keterangan dari Satuan Pelaksana Suku Dinas Sosial Jakarta Utara yang berada di setiap kecamatan.

Surat keterangan itu juga harus disertakan dalam penerimaan BST Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di 160 lokasi di Jakarta Utara

"Lansia dan disabilitas bisa dikuasakan. Kalau penerima masih keluarga yang namanya tertera di dalam KK tidak perlu meminta surat keterangan dari Satpel Sosial. Kalau diluar KK harus ada surat keterangan itu," lanjut dia.

Baca juga: 60.000 Warga Terima BST Rp 300.000 Selama PPKM di Badung

Sementara bagi penerima BST Lansia dan disabilitas yang hadir di lokasi pendistribudian akan ditempatkan di ruangan lantai bawah dan dilayani oleh petugas.

"Petugas di setiap lokasi pendistribusian juga siap membantu pengantaran berkas bagi mereka (lansia dan disabilitas) yang datang langsung. Jadi dapat menunggu di lantai dasar dan petugas yang bolak-balik mengantarkan berkas kepada panitia," ucap Ali.

Berdasarkan data, 229.570 warga Jakarta Utara tercatat sebagai penerima BST Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pendistribusian dilakukan selama enam hari ke depan dengan penerapan protokol kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.