Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Betawi, Langgam yang Kini Mulai Pudar dan Terlupakan

Kompas.com - 10/10/2022, 07:30 WIB
Ivany Atina Arbi

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tradisi “membatik” di Jakarta memang tidak sepopuler di Pekalongan, Yogyakarta, maupun Surakarta. Meski begitu, sejarah mencatat bahwa Kota Jakarta dan warga Betawi punya cerita sendiri soal langgam Batik Betawi.

Di Jakarta, pabrik batik di masa lampau banyak dimiliki orang Tionghoa. Dalam buku Batik Betawi Koleksi Hartono Sumarsono (2017) disebutkan, Lie Tiang Tjeng pada 1906 tiba di Jakarta dari Ankwe, Tiongkok, untuk bekerja di pembatikan kerabatnya di kawasan Karet, Batavia.

Pembatikan orang Tionghoa diketahui berkembang dari Karet Sawah ke Karet Tengsin, Karet Pedurenan, Karet Kebon Pala, Karet Depan, Karet Kuningan, Palmerah, dan Kebayoran Lama. Daerah Karet berlokasi tak jauh dari Pasar Tanah Abang dan dialiri Kali Krukut. Tempat itu ideal untuk pembatikan.

Dalam wawancara dengan harian Kompas, Ketua Keluarga Batik Betawi Yahya Andi Saputra menuturkan, penggunaan batik di Jakarta sudah terlihat sejak masa Jayakarta. Pada 1900-an, penggunaannya semakin masif karena pengaruh perdagangan dari luar Batavia.

Baca juga: Batik Betawi, Batik Khas Jakarta yang Tak Mengenal Pakem

Munculnya The School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) ikut berpengaruh pada penggunaan batik di Batavia. Perkumpulan pemuda yang berbasis kedaerahan masing-masing menunjukkan identitas dengan gaya berpakaiannya.

Batik semakin populer di Batavia

Batik pun semakin populer dan permintaannya mulai banyak. Pasar Senen dan Pasar Tanah Abang lantas menjadi sentra penjualan batik.

”Orang-orang pesisiran, seperti Pekalongan dan Cirebon, didatangkan tauke (pedagang keturunan China) untuk membuat batik di sini,” ujar Yahya.

Sentra-sentra pembuatan batik kala itu terkonsentrasi di sekitar Pasar Tanah Abang, seperti Dukuh Atas, Dukuh Bawah, Karet Tengsin, Karet Belakang, Karet Bawah, dan Petunduhan.

Baca juga: Kesenian Betawi Tak Hanya Lenong...

Orang-orang Betawi kaya pun melirik batik, terutama motif pesisiran karena warnanya yang mencolok. Motif tumpal atau segitiga sangat disukai karena menjadi simbol keseimbangan alam semesta.

”Beberapa motif khas Betawi hilang, seperti bambu kuning, gerimis kelapa, sirih embun, dan sirih lamaran,” kata Yahya.

Akhir abad ke-20, sentra pembatikan di pusat kota, seperti Bendungan Hilir dan Karet, tergusur proyek pembangunan infrastruktur. Pabrik batik pun bersalin rupa sebagai kawasan bisnis.

Karena limbahnya dianggap mencemari lingkungan, pembatikan di Bendungan Hilir, Sudirman, Karet, Palmerah, dan Kebayoran Lama pada 1990-an dipindah ke Cibitung, Cikarang, Karawang Timur, Balaraja, Parung Panjang, dan Mauk.

Baca juga: Pemerintah Diminta Perhatikan Kesenian Betawi

Kini, seiring ditetapkannya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), pamor batik kian populer. Batik skala rumahan muncul kembali di Jakarta

Di Terogong, misalnya, keluarga Agustina Dwi Ariani atau Tina memilih jadi perajin batik Betawi. Tujuannya untuk mempertahankan aset tanah mereka dari ekspansi usaha properti ataupun proyek pemerintah.

Tina menuturkan, kampung Terogong terjepit di antara kawasan elite Pondok Indah dan kawasan bisnis Fatmawati. Terogong selalu diincar pengembang properti.

”Batik menjadi alat bagi keluarga kami untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Sebab, keluarga kami memegang teguh pesan orangtua bahwa tanah warisan harus terus dipertahankan,” ujarnya.

Selain Jakarta Selatan, setiap wilayah di Jakarta juga memiliki sentra perajin batik. Dari masa ke masa, redup dan bangkitnya batik Betawi jadi saksi bisu perkembangan Jakarta.

Bebas dari pakem

Pemandu Wisata dan Instuktur Batik Museum Tekstil Jakarta, Dimas Ardi Nugroho, mengatakan, keunikan Batik Betawi ialah tidak memiliki pakem layaknya batik lain.

"Batik Betawi itu tidak ada pakem, tidak ada aturannya. Warna hijau harus cowok, warna biru untuk apa, itu enggak (berlaku), semua lapisan masyarakat bisa pakai Batik Betawi," kata Dimas, kepada Kompas.com.

Ketentuan ini tentu berbeda dengan Batik Solo atau Yogyakarta yang setiap coraknya mempunyai fungsi masing-masing. Dalam Batik Solo dan Yogya, batik untuk pernikahan dan kematian pun mempunyai corak berbeda.

Baca juga: Silat Betawi, Warisan Budaya yang Mulai Terpinggirkan

Tidak adanya pakem, membuat Batik Betawi dapat digunakan kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun. "Batik Betawi itu bebas, selagi warnanya cocok, warnanya bagus, pasti bisa dipakai," kata Dimas.

Keunikan lain yang dimiliki Batik Betawi, adalah corak atau gambar yang dimuat di kain batik dapat lebih bebas dan tidak kaku. Walau begitu, Batik Betawi tetap harus memegang prinsip dalam membatik seperti tata letak serta pola yang berulang.

(Harian Kompas: Dian Dewi Purnamasari/ Kompas.com: Ardito Ramadhan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Polisi Sebut Keributan Suporter di Stasiun Manggarai Libatkan Jakmania dan Viking

Polisi Sebut Keributan Suporter di Stasiun Manggarai Libatkan Jakmania dan Viking

Megapolitan
Aditya Tak Tahu Koper yang Dibawa Kakaknya Berisi Mayat RM

Aditya Tak Tahu Koper yang Dibawa Kakaknya Berisi Mayat RM

Megapolitan
Kadishub DKI Jakarta Tegaskan Parkir di Minimarket Gratis

Kadishub DKI Jakarta Tegaskan Parkir di Minimarket Gratis

Megapolitan
Koper Pertama Kekecilan, Ahmad Beli Lagi yang Besar untuk Masukkan Jenazah RM

Koper Pertama Kekecilan, Ahmad Beli Lagi yang Besar untuk Masukkan Jenazah RM

Megapolitan
Polisi Masih Buru Pemasok Narkoba ke Rio Reifan

Polisi Masih Buru Pemasok Narkoba ke Rio Reifan

Megapolitan
Dishub DKI Jakarta Janji Tindak Juru Parkir Liar di Minimarket

Dishub DKI Jakarta Janji Tindak Juru Parkir Liar di Minimarket

Megapolitan
Kasus Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Korban Diduga Tak Tahu Pelaku Memiliki Istri

Kasus Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Korban Diduga Tak Tahu Pelaku Memiliki Istri

Megapolitan
Tangkap Aktor Rio Reifan, Polisi Sita 1,17 Gram Sabu dan 12 Butir Psikotropika

Tangkap Aktor Rio Reifan, Polisi Sita 1,17 Gram Sabu dan 12 Butir Psikotropika

Megapolitan
Polisi Usut Indentitas Mayat Laki-laki Tanpa Busana di Kanal Banjir Barat Tanah Abang

Polisi Usut Indentitas Mayat Laki-laki Tanpa Busana di Kanal Banjir Barat Tanah Abang

Megapolitan
Sebelum Dibunuh Arif, RM Sempat Izin ke Atasan untuk Jenguk Kakaknya di RS

Sebelum Dibunuh Arif, RM Sempat Izin ke Atasan untuk Jenguk Kakaknya di RS

Megapolitan
Keluarga Tolak Otopsi, Jenazah Pemulung di Lenteng Agung Segera Dibawa ke Kampung Halaman

Keluarga Tolak Otopsi, Jenazah Pemulung di Lenteng Agung Segera Dibawa ke Kampung Halaman

Megapolitan
Mayat Laki-laki Tanpa Busana Mengambang di Kanal Banjir Barat Tanah Abang

Mayat Laki-laki Tanpa Busana Mengambang di Kanal Banjir Barat Tanah Abang

Megapolitan
Perempuan Dalam Koper Bawa Rp 43 Juta, Hendak Disetor ke Rekening Perusahaan

Perempuan Dalam Koper Bawa Rp 43 Juta, Hendak Disetor ke Rekening Perusahaan

Megapolitan
Rio Reifan Lagi-lagi Terjerat Kasus Narkoba, Polisi: Tidak Ada Rehabilitasi

Rio Reifan Lagi-lagi Terjerat Kasus Narkoba, Polisi: Tidak Ada Rehabilitasi

Megapolitan
Dibutuhkan 801 Orang, Ini Syarat Jadi Anggota PPS Pilkada Jakarta 2024

Dibutuhkan 801 Orang, Ini Syarat Jadi Anggota PPS Pilkada Jakarta 2024

Megapolitan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com