Ada Sekitar 700 Bangunan Liar di Perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta - Kompas.com

Ada Sekitar 700 Bangunan Liar di Perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 13/09/2017, 19:14 WIB
Bangunan liar masih ada di Kota Bekasi di Kecamatan Medan Satria, Rabu (13/9/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Bangunan liar masih ada di Kota Bekasi di Kecamatan Medan Satria, Rabu (13/9/2017).

BEKASI, KOMPAS.com – Camat Medan Satria, Bekasi, Taufik Rachmat mengatakan di wilayah Kecamatan Medan Satria masih terdapat banyak bangunan liar (bangli) yang belum dilakukan pembongkaran.

“Bangli di kita (Kecamatan Medan Satria) masih lumayan banyak di Kelurahan Medan Satria sama Kelurahan Pejuang,” ujar Taufik di Bekasi, Rabu (13/9/2017).

Ia menjelaskan, warga yang berada di bangunan liar tersebut memanfaatkan lahan pengairan milik Perusahaan Jasa Tirta (PJT).

Taufik mengatakan, dulunya daerah Medan Satria ini dilintasi saluran irigasi sekunder dan tersier. Sehingga lahan-lahan pinggir saluran dimanfaatkan warga sebagai tempat tinggal.

“Mereka yang menempati bangli sudah ada sejak bertahun-tahun. Rata-rata mereka yang tinggal di sana sudah sekitar 10 hingga 20 tahun,” kata dia.

 

Baca: Pemkot Jakut Tertibkan 50 Bangunan Liar di Pademangan

Saat ini, kata Taufik, sesuai data terakhir, bangunan liar yang masih ada hingga perbatasan DKI Jakarta mencapai 700 bangunan.

“Kita bukan hitung bangunan ya, kita hitungnya pintu. Karena kemarin kita paling mudah menghitung jumlah pintunya ada sekian,” pungkas Taufik.

Sementara itu, bangli yang ada di wilayah saluran irigasi Medan Satria, sudah dilakukan pembongkaran pada tahun 2016 lalu.

Taufik menjelaskan bangunan yang dibongkar diantaranya ada sekitar 430 bangunan permanen. Sementara bangunan semi permanen dan bedeng, hampir 700 bangunan yang dibongkar.

Dengan demikian, kata Taufik, untuk bangli yang ada di Kelurahan Pejuang dan Medan Satria akan kembali dilakukan pembongkaran pada tahun 2018 mendatang.

Baca: Penghuni Bangunan Liar Diminta Kembali ke Kampung Halaman

Kompas TV Ratusan Bangunan Liar di Kolong Tol Kalijodo Ini Dibongkar

 

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM