Ini Sederet Keluhan Para Pelanggan Transjakarta - Kompas.com

Ini Sederet Keluhan Para Pelanggan Transjakarta

Nursita Sari
Kompas.com - 14/09/2017, 11:13 WIB
Bus transjakarta melintas di koridor 13 Cileduk - Tendean, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017). Layanan transjakarta koridor 13 mulai beroperasi hari ini, meskipun beberapa halte di koridor tersebut masih belum bisa difungsikan. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Bus transjakarta melintas di koridor 13 Cileduk - Tendean, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017). Layanan transjakarta koridor 13 mulai beroperasi hari ini, meskipun beberapa halte di koridor tersebut masih belum bisa difungsikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengaku menerima banyak keluhan penumpang saat dirinya menjadi petugas layanan bus dalam rangka memperingati hari pelanggan nasional.

Salah satu keluhan yang disampaikan yakni bus transjakarta kerap ikut terjebak kemacetan lalu lintas meski memiliki jalur khusus.

"Jadi mereka komplain kalau sore macet luar biasa ya. Kami sempat jelaskan juga hambatan-hambatan yang ada," ujar Budi di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Budi menjelaskan, bus transjakarta ikut terjebak kemacetan karena banyak pembangunan flyover dan underpass di Ibu Kota.

Baca: Direksi Transjakarta Layani Penumpang untuk Tahu Keluhan Pelanggan

Hal ini membuat operasional bus di Koridor 1 sampai Koridor 12 terganggu. PT Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun melakukan beberapa upaya untuk mengurangi waktu tempuh yang bertambah sebagai dampak pembangunan.

"Ada beberapa lokasi itu diberikan perhatian khusus, ada yang dibuat contra flow, rekayasa lalu lintas. Koridor 4 kami ubah ujungnya karena Dishub DKI memikirkan juga transportasi massal ini, Koridor 9 juga," kata Budi.

Selain itu, ada pula penumpang yang mengeluhkan kondisi halte yang kotor dan beberapa layanan di halte yang tidak berfungsi. Sementara soal kondisi bus, Budi menyebut sudah tidak ada keluhan.

"Ada yang komplain mengenai halte-halte yang kotor, memang ini tugas kami untuk membersihkan segera dan pintu-pintu yang otomatis yang tidak berfungsi," ucapnya.

Keluhan lain yang disampaikan penumpang yakni informasi kedatangan bus di halte yang seringkali offline. Hal ini menyulitkan penumpang untuk mengetahui waktu kedatangan bus.

"Ada juga yang berharap supaya informasi ini jangan sering offline. Sebenarnya ini kan sudah cukup baik ya, tapi offline kadang-kadang masih suka terjadi sehingga delay dan informasinya menjadi tidak akurat," tutur Budi.

Dia menyatakan jajaran direksi PT Transjakarta akan melakukan evaluasi terhadap keluhan-keluhan yang disampaikan penumpan dan memperbaiki layanan yang belum optimal.

Baca: Penumpang Transjakarta Koridor 13 Meningkat, Rata-rata 9 Ribu Orang Per Hari

PenulisNursita Sari
EditorErvan Hardoko
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM