Antisipasi Banjir, Puluhan Saluran Air di Jakarta Utara Dibersihkan - Kompas.com

Antisipasi Banjir, Puluhan Saluran Air di Jakarta Utara Dibersihkan

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 14/09/2017, 22:32 WIB
Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) mengumpulkan sampah dari saluran air di Kelurahan Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, Senin (26/6). Setiap kelurahan tetap menugaskan pekerja PPSU bekerja pada hari libur. Penerapan sistem piket ini berbeda di tiap kelurahanKOMPAS/JOHANES GALUH BIMANTARA Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) mengumpulkan sampah dari saluran air di Kelurahan Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, Senin (26/6). Setiap kelurahan tetap menugaskan pekerja PPSU bekerja pada hari libur. Penerapan sistem piket ini berbeda di tiap kelurahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembersihan saluran air dari sampah menjadi salah satu langkah yang diambil Sudin Tata Air Jakarta Utara guna mengantisipasi datangnya banjir musiman di Jakarta Utara.

Saluran air di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara menjadi sasaran pembersihan oleh Sudin Jakarta Utara.

"Di Penjaringan itu ada 19 titik saluran air, 15 sudah dibersihkan dan empat lokasi di Jalan Vikamas Raya, Jalan Pluit Selatan Raya, Jalan Pluit Selatan Lanjutan, dan Jalan Tanah Pasir Emas masih dalam tahap pelaksanaan," jelas Kasudin Tata Air, Santo saat ditemui Kompas.com di kantornya, Kamis (14/9/2017).

Sedangkan di Pademangan terdapat delapan lokasi yang dua di antaranya masih dalam tahap pembersihan, yakni di Jalan Ancol Barat dan Ancol Timur.

Baca: Limbah Tekstil Diduga Cemari Saluran Air di Kebon Jeruk

Kemudian di Kecamatan Tanjung Priok terdapat 24 titik saluran air yang 17 di antaranya sudah selesai ditangani dan tujuh lainnya masih dalam proses pembersihan.

"Sementara di Koja ada 12 titik, Cilincing 20 titik, dan Kelapa Gading 15 titik. Masing-masing yang belum dibersihkan itu 2 sampai 7 titik," imbuh Santo.

Pengerjaan pembersihan saluran air di enam kecamatan tersebut diakui Santo bakal selesai dalam kurun waktu 30-35 hari.

"Pengerjaannya dilakukan masing-masing tim di kecamatan dan juga Kasie Pemeliharaan Sudin Tata Air Jakut. Targetnya awal Oktober semuanya bisa rampung," tuntas Santo.

Baca: Warga Minta Perusahaan yang Limbahnya Cemari Saluran Air Ditutup

Kompas TV Andai Jakarta Tanpa Pasukan Oranye

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM