Tembok ITC Cipulir yang Berbatasan dengan Kali Pesanggrahan Jebol - Kompas.com

Tembok ITC Cipulir yang Berbatasan dengan Kali Pesanggrahan Jebol

Nibras Nada Nailufar
Kompas.com - 15/11/2017, 21:20 WIB
Tembok ITC Cipulir yang berbatasan dengan Kali Pesanggrahan, jebol, Rabu (15/11/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Tembok ITC Cipulir yang berbatasan dengan Kali Pesanggrahan, jebol, Rabu (15/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tembok ITC Cipulir yang membatasi lahan parkir pusat grosir tersebut dengan Kali Pesanggrahan, jebol. Pantauan Kompas.com di lokasi pada Rabu (15/11/2017), sisi tembok yang jebol panjangnya sekitar 20 meter.

Ketinggian air di kali hanya sekitar satu meter dari parkiran. Mobil dan motor terlihat masih banyak yang parkir di sana.

Camat Kebayoran Lama Sayid Ali mengaku sudah mengetahui perihal ambrolnya tembok ini. Ia menyebut tembok ambrol karena ketika kali meluap dan tidak mampu menahan aliran air.

"Kalau kali meluap, ya tergenang," kata Sayid ketika dikonfirmasi, Rabu (15/11/2017).

Baca juga : Tanggul Kali Uangan Pesanggrahan Jebol, Trotoar Ambles

Sayid mengatakan, instansinya sudah mengimbau pengelola ITC Cipulir agar memperbaiki tembok itu. Sebab jika tidak diperbaiki, akan merugikan pihak mal dengan kondisi parkiran tergenang.

"Sudah pernah kami minta agar diperbaiki, tapi enggak tahu kenapa belum dibenerin juga," ujar Sayid.

Baca juga : Normalisasi Kali Pesanggrahan Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Kali Pesanggrahan rawan meluap dan melimpaskan banjir lantaran normalisasinya belum rampung. Di Cipulir, sungai memiliki lebar lima meter. Namun kanan-kirinya belum diturap dan di beberapa titik masih diduduki bangunan.

Kompas TV Akibat debit air yang tinggi di Kali Pesanggrahan karena hujan deras, banjir setinggi satu meter menggenangi permukiman warga di Komplek Perdatam.

PenulisNibras Nada Nailufar
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM