Potret Kerukunan Antarumat Beragama di Desa Rajeg - Kompas.com

Potret Kerukunan Antarumat Beragama di Desa Rajeg

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 08/12/2017, 06:15 WIB
Gerbang depan Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg, Kabupaten Tangerang, Kamis (7/12/2017).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Gerbang depan Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg, Kabupaten Tangerang, Kamis (7/12/2017).

TANGERANG, KOMPAS.com - Beberapa warga Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang mempertanyakan alasan di balik keluarnya surat edaran bagi warga non-Muslim yang viral di media sosial.

Pasalnya, para warga merasa tidak ada masalah antara umat Muslim dan non-Muslim yang tinggal di sana.

"Jadi enggak ada yang perlu ditanyakan lagi, karena di sini adem-adem saja. Enggak ada masalah kok. Enggak ada apa-apa dan edaran itu tiba-tiba muncul," kata Ketua Karang Taruna RW 06 Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera Mohamad Nurhalim saat ditemui, Kamis (7/12/2017).

Hal senada juga disampaikan Jones Pandjaitan, salah seorang pengurus komunitas Kristen di perumahan tersebut. Menurut dia, hubungan antarwarga Muslim dan non-Muslim di lingkungan perumahan sangat damai dan tidak pernah bermusuhan.

Baca juga : Surat Edaran bagi Warga Non-Muslim di Desa Rajeg Masih Rancangan

"Kami di sini tidak ada permasalahan. Semuanya damai. Kami (hari) Minggu nanti mau ada acara, dibantu juga sama teman-teman Muslim," ujar Jones.

Hubungan akrab pun terlihat saat Nurhalim dan Jones berkumpul bersama dengan teman-teman lainnya di sebuah pos.

Pertemuan membahas surat edaran tentang pengaturan kegiatan bagi warga non muslim di Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg yang viral di media sosial. Pertemuan dilakukan Kamis (7/12/2017) di Balai Desa Rajeg dan dipimpin oleh Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif.KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Pertemuan membahas surat edaran tentang pengaturan kegiatan bagi warga non muslim di Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg yang viral di media sosial. Pertemuan dilakukan Kamis (7/12/2017) di Balai Desa Rajeg dan dipimpin oleh Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif.
Di sana mereka mengaku kerap mengobrol, minum kopi, bermain karambol, dan makan rujak bersama.

"Enggak ada pertikaian, lihat saja sekarang ini kami lagi kumpul. Di sini Alhamdulillah damai-damai saja," kata Nurhalim.

Baca juga : Viral Edaran untuk Warga Non-Muslim di Desa Rajeg, Pengurus Desa Dikumpulkan

Sebuah surat edaran dengan kop surat Rukun Warga (RW) 06, Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera, Desa Rajeg, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang menjadi pembicaraan di media sosial.

Surat edaran itu berisi aturan dan ketentuan penyelenggaraan kegiatan bagi warga non-Muslim di sana. Setidaknya ada 4 aturan dan ketentuan yang tercantum dalam surat edaran tersebut.

Surat kesepakatan dari hasil pertemuan membahas surat edaran tentang pengaturan kegiatan bagi warga nonmuslim di Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg yang viral di media sosial, Kamis (7/12/2017).KOMPAS.com/Ridwan Aji Pitoko Surat kesepakatan dari hasil pertemuan membahas surat edaran tentang pengaturan kegiatan bagi warga nonmuslim di Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera di Desa Rajeg yang viral di media sosial, Kamis (7/12/2017).
Pertama, warga non-Muslim dilarang mengalihfungsikan rumah menjadi tempat ibadah. Kedua, kegiatan tersebut boleh dilakukan dengan catatan tidak mengundang tamu dari luar perumahan, kemudian tidak boleh menggunakan pengeras suara, dan tidak membawa pemuka agama.

Baca juga : Saya Enggak Setuju Edaran Itu, di Mana Toleransi Antarwarga?

Ketiga, dalam hal duka, keluarga diimbau untuk menguburkan jenazah dalam waktu 1x24 jam. Terakhir, seluruh warga Perumahan Bumi Anugerah Sejahtera diwajibkan melaporkan seluruh kegiatan kepada pengurus RT atau RW minimal 3 hari sebelum dilaksanakan.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua RW 06 dan seluruh ketua RT yang ada di perumahan tersebut batal dilaksanakan setelah ada pertemuan dengan Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorKurnia Sari Aziza

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM