Resmikan Rumah Potong Unggas, Sandi Ingin Pedagang Punya Tempat Layak - Kompas.com

Resmikan Rumah Potong Unggas, Sandi Ingin Pedagang Punya Tempat Layak

Kompas.com - 06/02/2018, 13:38 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan di Jalan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2/2018). RPHU itu diisi pedagang bebek yang dulunya berjualan di Pasar Bebek Marunda.

Sandi mengatakan, tempat berjualan para pedagang itu sebelumnya tidak layak.

"Ini konsepnya menampung (pedagang) yang dari tahun 1996, yang (tempatnya) sudah sangat tidak layak. Tempatnya dulu dekat dengan saluran gas yang sangat berbahaya," kata Sandiaga.

Ia mengatakan, awalnya ada 47 pedagang yang berjualan di Pasar Bebek Marunda. Namun, baru 37 pedagang yang pindah ke RPHU Rorotan.

Sandi senang ketika melihat-lihat fasilitas di RPHU Rorotan itu. Fasilitasnya lengkap dari tempat pemotongan hingga kandangnya.

Ia berharap, pedagang nanti bisa ikut program OK OCE agar memiliki pengetahuan wirausaha lebih baik. Menurut dia, bebek kini menjadi salah satu bahan kuliner yang banyak disukai.

"Saya tahu banget kuliner yang sekarang lagi tinggi minatnya adalah kuliner berbasis unggas dan bebek," kata Sandiaga.

Baca juga : Ahok Bangun Rusunawa Terpadu Rumah Potong Unggas

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta Darjamuni mengatakan sementara ini pedagang bisa menempati RPHU dengan gratis. Setidaknya sampai pelanggan mereka di Pasar Bebek Marunda beralih ke RPHU. Setelah masa penyesuaian, barulah mereka akan dikenakan sewa per bulan.

"Kami biarkan dulu mereka sampai tumbuh berkembang. Nanti ada perda, kami kenakan sewa. Tapi enggak seberapalah sewanya," kata Darjamuni.


EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X