Tarif Parkir dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Akan Naik 10 Persen

Kompas.com - 07/08/2017, 17:35 WIB
Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta Edi Sumantri (kanan) saat memaparkan program kerja mereka di gedung Dinas Teknis DKI Jakarta, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAKepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta Edi Sumantri (kanan) saat memaparkan program kerja mereka di gedung Dinas Teknis DKI Jakarta, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).
Penulis Jessi Carina
|
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Edi Sumantri, mengatakan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN-KB) akan naik sebesar 10 persen. Edi mengatakan rencana ini sudah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Sudah dibahas di Dewan dari 10 persen menjadi 20 persen," kata Edi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (7/8/2017).

Kenaikan BBN-KB itu merupakan upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan bermotor. Dengan naiknya BBN-KB, Edi berharap masyarakat akan berpikir dua kali untuk membeli mobil baru.

"Karena transportasi masal sudah bagus, digeser jangan beli mobil baru deh. Kalau maksa mau beli juga, pajaknya kami naikin," kata Edi.


Ia menjelaskan, jumlah kendaraan bermotor baru di Jakarta setiap hari bisa mencapai 900 unit mobil dan 1.400 unit motor. Hal ini membuat lalu lintas di Jakarta semakin padat.

Selain BBN-KB Pemprov DKI juga akan menaikan tarif parkir sebesar 10 persen. Pemprov DKI Jakarta sudah mengajukan perubahan perda untuk mengatur kenaikan tarif itu kepada DPRD DKI Jakarta.

Dia berharap perubahan tarif itu bisa berlaku secepat mungkin sebelum tahun anggaran 2017 berakhir.

"Semakin cepat berlaku, semakin cepat uang masuk untuk (tahun anggaran) 2017. Kalau masuknya Desember kan enggak nendang," kata Edi.

Baca juga: Pemprov DKI Berencana Naikkan Tarif Parkir hingga 10 Persen

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X