Gatot Mengaku Elang Piarannya Datang Sendiri ke Rumah

Kompas.com - 10/10/2017, 16:20 WIB
Gatot Brajamusti dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARGatot Brajamusti dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Gatot Brajamusti diadili dalam kasus kepemilikan satwa ilegal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017). Dalam surat dakwaan jaksa, Gatot mengaku elang tersebut datang sendiri ke rumahnya.

Dalam sidang itu, jaksa membacakan dakwaan hasil pemeriksaan Gatot terkait asal usul burung elang yang dipiara dan harimau sumatera yang diawetkan.

"Petugas dari Polda Metro Jaya menanyakan kepada saksi Suheri sebagai pembantu rumah tangga yang membersihkan kandang burung siapa pemilik burung elang yang masih hidup, dijawab oleh saksi Suheri bahwa pemiliknya adalah terdakwa," ujar jaksa.

Kepada penyidik, Gatot mengaku mendapat burung itu pada 2010. Saat itu, burung elang masih berukuran kecil dan ditemukan dengan rantai terputus di kakinya.


Baca: Gatot Didakwa Simpan Satwa dan Pistol secara Ilegal

"Burung elang hidup datang masuk sendiri ke dalam rumah terdakwa ke Jalan Niaga Hijau X No 1," kata jaksa membacakan dakwaan Gatot.

Oleh Gatot, burung itu kemudian dibawanya ke rumah kontrakan Gatot di Jalan Haji Niaga Hijau X No 6. Kepada penyidik, Gatot mengakui memelihara burung itu selama enam tahun tanpa izin dari instansi yang berwenang.

Baca: Gatot Brajamusti Akan Disidang dalam Kasus Kepemilikan Satwa Siang Ini

Kepala Seksi Wilayah II Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) DKI Jakarta, N Yanang Lima yang ditunjuk sebagai ahli meneliti bahwa elang milik Gatot berjenis elang brontok (Nisaetus cirrhatus).

Dalam PP No 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa lampiran II Aves (burung) Nomor 71 Accipitridae yakni semua semua famili burung elang, dilindungi dan dilarang untuk dipelihara. Gatot pun didakwa melanggar pasal ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X