Lahan yang Diincar untuk Relokasi Pedagang Blok G Telah Disewakan Sejak 2017 - Kompas.com

Lahan yang Diincar untuk Relokasi Pedagang Blok G Telah Disewakan Sejak 2017

Kompas.com - 13/01/2018, 15:29 WIB
Kondisi lahan Astana Rahardja di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Kondisi lahan Astana Rahardja di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator pengamanan dalam PT Astana Raharja Wito mengatakan, lahan seluas 3.000 meter milik pengusaha Robby Sumampow yang hendak disewa Pemprov DKI telah disewakan perusahaan lain, PT Bintang Sinar Abadi.

Robby mengatakan, seluruh lahan itu disewa sejak 2017.

"Sudah disewakan ke PT Bintang Sinar Abadi sesuai sertifikat itu (yang terpasang)," ujar Wito kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (12/1/2017).

Wito mengatakan, seharusnya Pemprov DKI lebih cepat berkomunikasi dengan pihak PT Astana Raharja jika ingin menyewa lahan tersebut. Pasalnya, lahan yang berada di sekitar kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat itu letaknya berdekatan dengan pusat perekonomian.

Baca juga: Menengok Lahan yang Diincar Pemprov untuk Relokasi Pedagang Blok G

Wito tidak mengetahui sejak kapan lahan itu dimiliki Robby. Namun, lahan itu telah beberapa kali disewa sejumlah perusahaan. Kebanyakan lahan itu dijadikan tempat berdagang makanan, minuman, hingga parkir.

Soal harga sewa, Wito tidak mengetahuinya. Begitu juga dengan lamanya kontrak lahan PT Bintang Sinar Abadi.

Wito mengaku sempat menolak peliputan sejumlah media yang datang. Pasalnya, Wito menilai, tanah itu bukanlah tanah sengketa yang tidak perlu dipublikasikan.

Baca juga: Lulung Tawarkan Lahan Temannya ke DKI untuk Relokasi Pedagang Blok G

"Saya tolak, saya bilang ini enggak bermasalah kenapa harus diliput-liput. Nanti yang mau sewa di sini jadi takut karena dikira bermasalah. Kalau Pemprov DKI mau sewa ya sekarang lambat lah (sudah terlambat)," ujar Wito.

Pemprov DKI Jakarta masih mencari lahan untuk dijadikan lokasi relokasi pedagang Blok G Tanah Abang yang akan direvitalisasi. Adapun, gedung Blok G yang saat ini ditempati pedagang sudah tidak layak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, telah bertemu pihak Robby Sumampow untuk membicarakan penyewaan lahan tersebut. Pemprov DKI berencana menyewa lahan selama tiga tahun. Robby yang diwakili adiknya, Hendro Sumampow mengatakan ingin membantu Sandi.

Baca juga: Pedagang Dukung Rencana Pembangunan Rusun di Blok G Tanah Abang

Namun, lahan tersebut telah disewakan oleh pihak ketiga. Pertemuan Sandi dengan pihak Robby juga atas campur tangan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham "Lulung" Lunggana.

Adapun, Sandi akan mengumpulkan pihak terkait untuk membahas solusi permasalahan lahan tersebut.

Kompas TV Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno masih mempertimbangkan lokasi penampungan sementara untuk pedadang di Tanah Abang.


EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Close Ads X