Pedagang Blok G Akan Direlokasi ke Blok F Tanah Abang

Kompas.com - 10/04/2018, 16:51 WIB
Plang bertuliskan Blok G Pasar Tanah Abang terpampang di depan blok yang tak jauh dari Stasiun Tanah Abang. KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAPlang bertuliskan Blok G Pasar Tanah Abang terpampang di depan blok yang tak jauh dari Stasiun Tanah Abang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pedagang Blok G akan direlokasi ke Blok F.

Mereka batal direlokasi ke lahan di samping Hotel Phamrin, Jakarta Pusat. 

"Di Blok F itu ada (tempat untuk) 651 (pedagang) yang bisa kami buat tempat usahanya, yang pasar basahnya bisa kami pisahkan," ujar Arief di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Baca juga: Pedagang Blok G Batal Direlokasi di Lahan Samping Hotel Pharmin

Arief mengatakan, ada 850 pedagang Blok G yang harus direlokasi. Sebanyak 650 pedagang bisa ditempatkan di Blok F, sisanya ditempatkan di pasar basah yang tidak jauh dari Blok F.

Area Blok F yang akan dibangun tempat penampungan sementara berada di area parkir yang tidak terpakai.

"Tempat parkirnya memang kosong, jadi kami manfaatkan untuk itu," katanya.

Baca juga: SK Gubernur DKI untuk Revitalisasi Pasar Blok G Telah Terbit

Pedagang kaki lima di trotoar Blok F Pasar Tanah Abang.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Pedagang kaki lima di trotoar Blok F Pasar Tanah Abang.
Meski demikian, ada alternatif lain yang sedang disiapkan. Arief mengatakan, PD Pasar Jaya juga sedang menyiapkan kemungkinan relokasi di jembatan Blok F.

Dia menyebut, proses relokasi bisa dilakukan sebelum bulan Ramadhan. Pembangunan tempat penampungan, lanjutnya, tidak akan memakan waktu yang lama.

"Sebenarnya, kan, cuma membuat partisi saja, jadi cepat," ujar Arief.

Baca juga: Sandiaga Ingin Revitalisasi Blok G Dilakukan Sebelum Ramadhan

Pedagang Blok G batal direlokasi ke lahan di samping Hotel Phamrin karena harga sewa yang ditawarkan pemilik lahan terlalu tinggi.

Pedagang direlokasi karena bangunan di Blok G akan direvitalisasi. Menurut rencana, relokasi dan revitalisasi Blok G masuk ke dalam penataan Tanah Abang tahap dua.

Kompas TV Pemprov DKI Jakarta akan merobohkan pusat perbelanjaan Blok G dalam waktu dekat.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X