Mengubah Kolong Tol Pelabuhan yang Kumuh Menjadi Bermanfaat - Kompas.com

Mengubah Kolong Tol Pelabuhan yang Kumuh Menjadi Bermanfaat

Kompas.com - 16/04/2018, 21:57 WIB
Tampak samping masjid Babah Alun, masjid bergaya oriental yang berada di kolong Tol Pelabuhan, Warakas, Jakarta Utara.KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Tampak samping masjid Babah Alun, masjid bergaya oriental yang berada di kolong Tol Pelabuhan, Warakas, Jakarta Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Permukiman padat dan kumuh di kolong tol kerap menyebabkan berbagai musibah. Tak jarang bencana kebakaran juga terjadi hingga dikhawatirkan merusak konstruksi jalan tol.

Untuk menghindari peristiwa tersebut, pemukiman kumuh di kolong Tol Pelabuhan, tepatnya di kawasan Warakas, Jakarta Utara, dibongkar dan dibangun fasilitas publik. 

Salah satunya adalah Masjid Babah Alun yang bergaya oriental.

Penjaga masjid, Muntaha mengatakan, masjid berkapasitas 400 jemaah itu dibangun di bekas lahan permukiman kumuh.

"Dikhawatirkan ada kebakaran yang mengganggu jalan tol, jadi secara bertahap dibersihkan. Setelah dibersihkan, supaya dapat bermanfaat buat masyarakat setempat, kami dirikan masjid," kata Muntaha kepada Kompas.com, Senin (16/4/2018).

Baca juga: Tak Disangka, Bangunan Bergaya Oriental di Kolong Tol Warakas Itu adalah Masjid

Muntaha, penjaga masjid Babah Alun, masjid bergaya oriental yang berada di kolong Tol Pelabuhan, Warakas, Jakarta Utara.KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Muntaha, penjaga masjid Babah Alun, masjid bergaya oriental yang berada di kolong Tol Pelabuhan, Warakas, Jakarta Utara.
Ia menambahkan, pembangunan masjid tersebut juga didukung pengelola jalan tol. Selain untuk menghindari musibah, kehadiran masjid tersebut diharapkan menjadi wadah warga melakukan berbagai aktivitas. 

"Kami sudah pikirkan supaya masjid ini makmur dan sudah ada beberapa kegiatan yang disiapkan. Warga setempat juga sudah booking acara, misalnya marawis," ujarnya. 

Pintu masuk masjid Babah Alun yang berada di kolong tol di kawasan Warakas, Jakarta UtaraKOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Pintu masuk masjid Babah Alun yang berada di kolong tol di kawasan Warakas, Jakarta Utara
Masjid Babah Alun bukan satu-satunya bangunan yang berdiri di sana. Muntaha mengatakan, nantinya akan ada taman bermain dan balai warga yang dibangun di kolong tol terebut.

"Kalau ada acara umum dari warga seperti khitanan atau pernikahan tempatnya di balai warga. Jadi enggak lagi mengganggu tempat umum," kata Muntaha.

Saat ini, Masjid Babah Alun masih dalam tahap penyelesaian akhir. Muntaha mengatakan, masjid tersebut direncanakan beroperasi pada bulan Ramadhan mendatang.

"Iya ini lagi dikejar bulan puasa. Alhamdulillah, tadi listrik sudah masuk, terus ini lagi bikin pagar," ucapnya. 


Komentar

Close Ads X