Selter Ojek "Online" di Stasiun Depok Baru Digagas dari Keresahan Warga

Kompas.com - 22/05/2018, 19:19 WIB
Tampak depan Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru, Selasa (22/5/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DTampak depan Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru, Selasa (22/5/2018).

DEPOK, KOMPAS.com - Keberadaan selter ojek online di Stasiun Depok Baru, digagas oleh sejumlah warga RW 013, 019, dan RW 020 Kelurahan Depok, yang berada di sekitar stasiun.

Pengurus RW 019 Kelurahan Depok Saiful menyatakan, warga setempat merasa resah karena ojek online kerap mengetem dan mengganggu lalu lintas di lingkungan tempat tinggal mereka.

"Dulu ojek online itu kalau ngetem di depan stasiun, jalan enam meter bisa dimakan setengahnya. Saya saja pernah (jalan) jarak cuma berapa ratus meter, makan satu jam," kata Saiful, kepada Kompas.com, Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Ojek Online, Siap-siap Kebanjiran Order Saat Asian Games 2018

Warga pun sempat berencana melarang pengemudi ojek online untuk tidak mangkal di sana. Namun, mereka urung melakukannya karena banyak pengemudi ojek online yang merupakan warga setempat.

"Kita kan enggak enak juga namanya sama warga sendiri. Akhirnya dicari solusi supaya dipindah ke sini, ini dulunya lahan terbengkalai gitu penuh sampah," kata Saiful.

Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru menjadi wadah bertemunya pengemudi dan penumpang ojek online di sana, Selasa (22/5/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru menjadi wadah bertemunya pengemudi dan penumpang ojek online di sana, Selasa (22/5/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lahan yang dimaksud Saiful adalah lahan kosong di sebelah barat stasiun yang sejak Februari 2018, dijadikan selter ojek online.

Baca juga: Berkali-kali Ditertibkan, Ojek Online Tetap Mangkal di Tengah Jalan Mangga Dua

Saiful mengatakan, lahan itu merupakan milik Kementerian Perhubungan. Namun, ia mengklaim sudah mendapat persetujuan dari pemilik lahan dan Dinas Perhubungan setempat.

"Kita masih proses ke Kemenhub untuk memastikan kalau lahan ini akan jadi selter ojek online. Tetapi, kita sudah minta izin ke Pemkot (Depok), ke lurah, semuanya mendukung," kata Saiful.

Baca juga: Soal Tuntutan Pengemudi Ojek Online, Menhub Tegaskan Tak Akan Terbitkan Aturan Baru

Selter ojek online di Stasiun Depok Baru dilengkapi sejumlah fasilitas seperti mushala, kamar mandi, warung makan, dan colokan listrik gratis.

Setiap pengemudi ojek online diperkenankan untuk mengambil penumpang di sana sejak pagi hingga malam hari.



Video Rekomendasi

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.