Kota Tua Jadi Destinasi Andalan Rombongan Asian Games di Jakarta Barat - Kompas.com

Kota Tua Jadi Destinasi Andalan Rombongan Asian Games di Jakarta Barat

Kompas.com - 25/08/2018, 06:43 WIB
Bendera negara peserta Asian Games 2018 terpasang di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Jumat (20/7/2018). Bendera tersebut terpasang dengan menggunakan bambu sebagai tiangnya dalam rangka menyambut Asian Games pada 18 Agustus mendatang.MAULANA MAHARDHIKA Bendera negara peserta Asian Games 2018 terpasang di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Jumat (20/7/2018). Bendera tersebut terpasang dengan menggunakan bambu sebagai tiangnya dalam rangka menyambut Asian Games pada 18 Agustus mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat Linda Enriany menyebutkan kawasan Kota Tua menjadi destinasi yang masuk dalam paket heritage tour bagi kontingen dan delegasi negara dalam Asian Games 2018. Sebab, di sana terdapat sejumlah museum sejarah-sejarah ibu kota.

"Kalau di Jakarta Barat hanya di Kota Tua-nya saja. Mereka ke Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik, dan di sekitar kawasan situ," kata Linda saat dihubungi, Jumat (24/8/2018).

Kunjungan para kontingen dan delegasi ke kawasan wisata masuk dalam program wisata gratis yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Mereka diberikan dua pilihan wisata yaitu heritage tour dan shopping tour.

Baca juga: Gencar Penertiban, Kawasan Kota Tua Bersih PKL Liar

"Kita berharapnya mereka para atlet dan kontingen bisa menceritakan pengalamanya mereka ketika berada di tempat wistaa di Jakarta dan Kota Tua kepada para keluarga atau kerabatnya di negara asal," terang Linda.

Kunjungan ke museum-museum dalam daftar heritage tour Asian Games 2018 tersebut juga bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun, masing-masing museum memiliki daftar kunjungan umum dan khusus selama masa Asian Games.

Pameran Asian Games di Museum Sejarah Jakarta

Seperti Museum Sejarah Jakarta yang sejak 12 Agutus-9 September 2018 menggelar Pameran Asian Games. Terdapat perjuangan dan sejarah Asian Games 1962 yang saat itu Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Baca juga: Sambut Asian Games, Kota Tua akan Dipasangi Koneksi 5G

Pameran tersebut telah menarik perhatian sejumlah delegasi dari berbagai negara seperti China, Taipei, Korea, Nepal dan lainnya. Seperti team official dari Nepal, Gurung Suresh Kumar yang membawa 24 orang atlet dan tim delegasi yang datang pada Jumat siang.


"Koleksi-koleksinya sangat bagus, khususnya tentang Asian Games 1962. Itu yang bagus. Itu salah satu yang menarik," kata Suresh, Jumat.

Selanjutnya, ia bersama rombongan menggunakam paket shopping tour dengan berbelanja di Mangga Dua.

Komentar
Close Ads X