Kurangi Plastik, Dinas LH Bagi-bagi Kantong Belanja di Pasar Kramatjati

Kompas.com - 18/12/2018, 12:44 WIB
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyosialisasikan pelarangan penggunaan kantong belanja plastik dengan menukarkan kantong belanja sekali pakai para konsumen dengan kantong belanja ramah lingkungan, di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (18/12/2018) KOMPAS.com/Ryana AryaditaDinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyosialisasikan pelarangan penggunaan kantong belanja plastik dengan menukarkan kantong belanja sekali pakai para konsumen dengan kantong belanja ramah lingkungan, di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (18/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama PD Pasar Jaya dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar sosialisasi kebijakan pelarangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur.

Dalam sosialisasi ini, para pegawai dari Dinas LH DKI Jakarta menghampiri para pembeli yang sedang berbelanja.

Bagi para pembeli yang menggunakan kantong plastik, akan ditukar dengan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

"Ibu, kantong plastiknya mau ditukar dengan yang lebih ramah lingkungan?" ujar seorang pegawai Dinas LH Rahmawati kepada seorang pembeli, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Upaya Pemkot Bekasi Kurangi Produksi Sampah Kantong Plastik...

Respons para pembeli beragam. Ada yang langsung menukar kantong plastik sekali pakai dengan yang lebih ramah lingkungan, namun ada pula yang menolak dengan alasan keberatan membuka barang belanjaannya.

"Ini sudah bertumpuk, Bu jadi kalau dipindahkan (ke kantong ramah lingkungan) akan berantakan," kata seorang pembeli berkelit.

Meski begitu, pihak Dinas LH tetap membagikan kantong ramah lingkungan kepada para pembeli yang dihampiri.

Baca juga: Kota Bandung Bersiap Kurangi Penggunaan Kantong Plastik Belanja

Selain para pembeli, pedagang di Pasar Kramatjati juga diberikan sosialisasi dan peringatan terhadap penggunaan kantong plastik yang berkepanjangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menyikapi secara serius pengurangan kantong plastik.

Hal ini juga untuk mendukung peraturan Pemprov DKI Jakarta mengenai kantong belanja plastik sekali pakai.

"Kami merasa harus adanya pendekatan yang jemput bola kepada pedagang maupun pembeli di pasar," ujar Isnawa di lokasi.

"Diharapkan hal ini mampu menstimulus perilaku baru yang benar-benar ramah lingkungan," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X