Progres Konstruksi 98,01 Persen, MRT Jakarta Ditargetkan Rampung Februari 2019

Kompas.com - 27/12/2018, 17:00 WIB
Kereta MRT di stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (27/12/2018). KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELAKereta MRT di stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (27/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur utama PT Mass Rapid Transit ( MRT) Jakarta William P Sabandar mengatakan, progres konstruksi pembangunan MRT hingga Desember 2018 mencapai 98,01 persen.

"Progres itu terdiri dari progres elevated dan depo mencapai 97,80 persen dan progres underground mencapai 98,41 persen," kata William di Metro Coffee Bar, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2018).

William mengatakan, saat ini pembangunan fokus pada penyelesaian interior dan pintu masuk pada beberapa stasiun, seperti Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Senayan, dan Stasiun Istora.

Baca juga: Proyek MRT Masih Terkendala Pembebasan Lahan

"Kalau anda lihat yang belum selesai di stasiun sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, masih ada titik entrance (pintu masuk) yang kami bangun," ujarnya.  

Ia menargetkan proses pembangunan rampung 100 persen pada Februari 2019.

"Diharapkan dengan angka 98,01 persen ini, progres kami nanti mencapai 100 persen pada 2019. Untuk entrance selesai 100 persen pada Februari atau Maret, sementara interior stasiun bisa selesai Januari," kata William.

Baca juga: Hari Ini Ada Simulasi Kebakaran di Stasiun MRT Istora dan Dukuh Atas

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Stasiun MRT Hotel Indonesia, sejumlah fasilitas seperti mesin tapping untuk masuk stasiun, fasilitas lift menuju lantai dasar, ruang informasi, tempat pembelian tiket, dan tempat bagi tenant-tenant sudah tersedia.

Kendati demikian, semua fasilitas tersebut belum dapat digunakan. Bahkan, fasilitas mesin tapping pun masih dibatasi garis kuning.

Penumpang bisa masuk menuju stasiun menggunakan tangga atau eskalator.

Baca juga: Bangun TOD, Sinarmas Tunggu Keputusan Perpanjangan Trase MRT

Namun, Kompas.com hanya bisa mengakses tangga masuk ke dalam stasiun lantaran eskalator masih belum berfungsi.

Adapun MRT Jakarta fase 1 lintas Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus ditargetkan beroperasi pada Maret 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X