Anies Sebut Busa Kali Sentiong dari Detergen Limbah Rumah Tangga

Kompas.com - 02/01/2019, 18:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Kali Sentiong, Kemayoran, Rabu (2/1/2019).KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Kali Sentiong, Kemayoran, Rabu (2/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut busa yang muncul di permukaan Kali Sentiong, Kemayoran disebabkan air mengandung kadar limbah detergen yang tinggi.

"Terkait dengan Kali Sentiong tadi kami lihat bahwa limbah detergen dari berbagai sumber, khususnya (limbah) rumah tangga, itu sangat luar biasa tinggi," kata Anies di Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (2/1/2019).

Baca juga: Warga Heran Lihat Kali Sentiong Dipenuhi Busa

Anies menjelaskan, limbah detergen itu berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sunter. Kemudian, air itu dipompa untuk dialirkan menuju Kali Sentiong.

"Ketika air dari Danau Sunter itu dipompa dan dimasukkan ke Kali Sentiong, maka limbah sisa detergen itu seperti diaduk dan keluar buih (busa) yang amat banyak," ungkap Anies.

"Itu memang airnya mengandung kadar detergen yang sangat tinggi dan ini harus ditangani secara komprehensif. Saat ini mau tidak mau kami tetap harus melakukan pemompaan dan saat itu muncul busanya," lanjut dia.

Ia pun menyebut, busa itu sudah biasa muncul di Kali Sentiong.

" Busa itu muncul setiap pompa itu dinyalakan. Cuma karena enggak ada yang motret makanya enggak menjadi perhatian," kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, tumpukan busa berwarna putih tebal tampak menutupi permukaan Kali Sentiong yang berada di samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa pagi.

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Busa di Kali Sentiong

Informasi itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @jktinfo dan menjadi viral di media sosial.

"Nampak busa menutupi permukaan air di Kali item Sunter," bunyi keterangan unggahan video itu.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X