AirAsia Kembali Buka Buka Rute Internasional, Penumpang Wajib Patuhi Syarat Ini

Kompas.com - 01/07/2020, 20:09 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/ZHOU EKAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

TANGERANG, KOMPAS.com - Selain membuka rute domestik, maskapai AirAsia juga membuka rute penerbangan internasional setelah tutup beberapa bulan karena Pandemi Covid-19.

Dikutip dari situs resmi AirAsia, penerbangan yang dibuka pada 19 Juni lalu hanya terbatas ke dua tujuan saja, yaitu Surabaya-Kuala Lumpur dan Medan-Kuala Lumpur.

Untuk itu, AirAsia memberlakukan persyaratan perjalanan rute internasional yang dibagi untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Baca juga: AirAsia Kembali Beroperasi, Ini Syarat Calon Penumpang Domestik

Ada lima syarat yang diminta maskapai AirAsia untuk WNI yang akan melakukan perjalanan internasional.

Pertama, menunjukan identitas diri atau paspor.

Kedua, WNI yang datang dari luar negeri harus melakukan tes PCR pada saat ketibaan apabila belum melaksanakan tes PCR dan tidak dapat menunjukkan surat hasil tes PCR dari negara keberangkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, selama dilakukan tes PCR hingga menunggu hasilnya keluar, WNI harus menjalani karantina di tempat akomodasi karantina khusus yang telah disediakan oleh pemerintah.

Bisa juga di hotel tersertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina COVID-10 dari Kementerian Kesehatan.

Keempat, penumpang WNI diminta mengunduh aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat ponselnya.

Terakhir diminta untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC di situs http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac.

Sedangkan untuk WNA hanya ada satu perbedaan persyaratan yakni tidak diwajibkan membawa hasil tes PCR melainkan sertifikat kesehatan dalam Bahasa Inggris yang menyatakan bebas dari penyakit pernapasan.

Meski tidak diwajibkan, AirAsia juga menyarankan penumpang WNA membawa hasil tes PCR negatif, yang diterbitkan oleh otoritas kesehatan dari negara asal dan berlaku maksimal 7 hari pada saat tiba di tempat.

Selain itu, beberapa syarat yang diwajibkan untuk WNI sama dengan yang dikenakan untuk WNA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.