Usai Mogok 3 Hari, Pedagang Tempe di Pasar Induk Kramatjati Mulai Berjualan Lagi

Kompas.com - 04/01/2021, 17:15 WIB
Khairul Anam kembali berjualan tempe di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, pada Senin (4/1/2020). KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADKhairul Anam kembali berjualan tempe di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, pada Senin (4/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pedagang tempe kembali berjualan di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, pada Senin (4/1/2020).

Pantauan Kompas.com pada pukul 15.00 WIB, beberapa pedagang mulai menata tempe yang baru dikemas plastik maupun daun pisang.

Sebelumnya, para pedagang tempe di Pasar Induk Kramatjati mogok berjualan selama tiga hari, yakni pada 1 hingga 3 Januari 2020. Ini merupakan bentuk protes atas naiknya harga kedelai yang merupakan bahan baku utama tempe.

"Ya, kami berjualan lagi. Ini (tempe) baru datang pukul 14.30," kata salah satu pedagang tempe di Pasar Induk Kramatjati, Baroti (45).

Baca juga: Disperindag Kota Tangerang Mulai Bergerak Atasi Mahalnya Tahu Tempe

Baroti mengatakan, ia dan para pedagang tempe di Pasar Induk Kramatjati kompak tidak jualan selama tiga hari karena ajakan dari Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) DKI Jakarta.

"Kami mogok tiga hari, mulai dari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hari ini jualan lagi," tutur Baroti.

Tempe kembali dijual di Pasar Induk Kramatjati, Senin (4/1/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Tempe kembali dijual di Pasar Induk Kramatjati, Senin (4/1/2021).

Pedagang tempe yang lain, Khairul Anam (30), menyebut bahwa ia biasanya berjualan tempe sejak pagi.

"Tempenya baru datang, jadi saya berjualan mulai jam segini (sore hari)," kata Khairul.

Produsen tahu dan tempe di DKI Jakarta mulai mogok produksi sejak Kamis (31/12/2020) hingga Minggu (3/1/2021).

Aksi mogok selama tiga hari diserukan Puskopti DKI Jakarta seiring melonjaknya harga kedelai, dari Rp 7.200 menjadi Rp 9.200 per kilogram.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X