Kompas.com - 19/02/2021, 21:28 WIB
Tanggul yang memisahkan antara pemukiman warga dan Kali Leduk yang terletak di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten. Tanggul itu sempat jebol sepanjang 7 meter akibat intensitas hujan tinggi pada Kamis (18/2/2021) kemarin. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALTanggul yang memisahkan antara pemukiman warga dan Kali Leduk yang terletak di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten. Tanggul itu sempat jebol sepanjang 7 meter akibat intensitas hujan tinggi pada Kamis (18/2/2021) kemarin.

TANGERANG, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang menyatakan tanggul di Kali Leduk, Gebang Raya, Periuk, Kota Tangerang, Banten tidak jebol tetapi longsor.

"Sebenarnya enggak jebol ya. Itu longsor. Sudah kami tangani kok," kata Kadis PUPR Kota Tangerang, Decky Priambodo, Jumat (19/2/2021) siang.

Ia mengatakan, tanggul tersebut longsor sepanjang 7 meter pada Kamis malam.

Baca juga: Akibat Hujan Intensitas Tinggi, Tanggul di Kali Leduk Kota Tangerang Jebol Sepanjang 7 Meter

Penyabab longsor adalah aliran air di Kali Leduk yang naik menyebabkan tanggul yang terdiri dari gundukan tanah terkikis.

Untuk menutup titik  yang longsor itu, Dinas PUPR Kota Tangerang menambalnya dengan setumpukkan karung pasir.

"Kami sudah tahu penanganannya. Insya Allah enggak kenapa-kenapa (tanggul tersebut)," ungkap dia.

Decky juga mengatakan, tanggul tersebut belum selesai dikerjakan. Penyelesaian  pembangunan tanggul Kali Leduk akan dilakukan tahun ini.

Bian, salah seorang warga setempat, khawatir tanggul tersebut longsor lagi saat hujan.

Walau telah ditambal dengan karung pasir, dia memprediksi tanggul itu tak akan mampu membendung air sungai bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Bila tanggul longsor lagi, permukiman warga di sekitar tanggul akan tergenang.

Bian mengatakan, genangan air akibat hujan pada Kamis kemarin saja belum surut sepenuhnya.

"Ketinggiannya (genangan air di rumah warga) juga masih di bawah 1 meter. Ada yang 30 sentimeter, ada yang 80 sentimeter," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X