Saksi: Simpatisan Rizieq Penuhi Area Bandara Soetta sejak H-1 Kedatangan dari Arab Saudi

Kompas.com - 12/04/2021, 11:54 WIB
Sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. DOKUMENTASI TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHABSidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri Jakarta Timur menghadirkan Senior Manager of Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta Oka Setiawan sebagai saksi dalam sidang terkait kerumunan dengan terdakwa Rizieq Shihab.

Di hadapan majelis hakim, Oka mengatakan, simpatisan Rizieq Shihab sudah berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta sejak H-1 kedatangan Rizieq dari Arab Saudi atau tanggal 9 November 2021.

"Itu sebetulnya dimulai dari tanggal 9 (November), H-1 tanggal 9 November itu sekitar pukul 9 malam itu memang ramai dengan para penjemput (Rizieq Shihab)," kata Oka di PN Jakarta Timur, Senin (12/9/2021).

Baca juga: Sidang Kasus Rizieq Shihab, Warga Dihalangi Masuk PN Jaktim

Ketika ditanya oleh petugas bandara, para simpatisan yang hendak menjemput Rizieq itu mengaku datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Petugas bandara pun langsung mengimbau para simpatisan Rizieq untuk tidak mendekati area Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerumunan dan meminimalisir penularan Covid-19.

"Kami tanya juga (berasal dari mana), (mereka mengaku) datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kami tanya juga dan kami sekaligus imbau, karena kami harap pada penjemputan tanggal 10 (November) itu tidak perlu banyak sekali yang datang sampai ke Terminal (3 Bandara Soekarno-Hatta)," ujar Oka.

Meskipun begitu, para simpatisan Rizieq terus berdatangan hingga memenuhi area Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Jumlahnya pun diperkirakan ratusan ribu.

Baca juga: Sidang Pemeriksaan Saksi Kasus Rizieq Shihab Tidak Disiarkan PN Jaktim

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X