Kompas.com - 22/04/2021, 07:07 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Kota Bekasi, Senin (13/7/2020). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAWali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Kota Bekasi, Senin (13/7/2020).

BEKASI, KOMPAS.com - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi atau Pepen mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan ketentuan untuk surat izin keluar masuk (SIKM).

SIKM diperlukan sehubungan dengan larangan mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei mendatang seperti yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

"Ada SIKM, ada, kami sedang mempersiapkan. Pak Kapolres menugaskan Kasatlantas, Dishub (dinas perhubungan) dengan jaringan teman kami di Forkompimda ada," kata Pepen, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Soal SIKM, Pemprov DKI Tunggu Aturan Lebih Lanjut dari Kemenhub

Menurut dia, diskusi soal SIKM masih dilakukan lintas lembaga sebab Kota Bekasi terletak dalam wilayah Jabodetabek di mana mobilitas penduduk masih diizinkan di dalam wilayah itu.

"Sebenarnya kalau kami enggak perlu (SIKM), kan nanti ada lagi (penyekatan) di Kabupaten Bekasi. Kan di (sesama wilayah) Jabodetabek ini enggak perlu pakai SIKM itu," ujar Pepen.

"Tapi kami tetap harus membuat itu (SIKM). Nah ini nanti yang sedang digodok oleh teman-teman di Dishub," tambahnya.

Sejauh ini, Pepen menyetakan belum bisa memberikan detail, seperti apa ketentuan-ketentuan dalam penerbitan SIKM.

"Nanti, setelah dibahas," kata dia singkat.

"Pintu-pintu (penyekatan) juga tidak bisa di tol, paling di perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X