Saksi Terakhir Persidangan Gugatan Cerai Ahok Berhalangan Hadir - Kompas.com

Saksi Terakhir Persidangan Gugatan Cerai Ahok Berhalangan Hadir

Kompas.com - 14/03/2018, 10:49 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (tengah) bersama istri, Veronica Tan menggunakan baju adat khas Betawi, saat Lebaran Betawi, di Monas, Minggu (14/9/2014). Di samping kanan Basuki turut hadir anggota DPRD DKI Abraham Lunggana.Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (tengah) bersama istri, Veronica Tan menggunakan baju adat khas Betawi, saat Lebaran Betawi, di Monas, Minggu (14/9/2014). Di samping kanan Basuki turut hadir anggota DPRD DKI Abraham Lunggana.

JAKARTA, KOMPAS.com — Sidang gugatan perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terhadap istrinya, Veronica Tan, kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018).

Persidangan hari ini hanya dihadiri salah satu anggota kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur. Sidang yang dimulai pukul 10.00 itu hanya berlangsung sekitar 5 menit. Satu saksi yang rencananya dihadirkan pihak Ahok batal hadir.

"Tinggal satu saksi lagi, tidak bisa datang hari ini karena tidak bisa meninggalkan urusannya," ujar Josefina seusai persidangan di PN Jakarta Utara.

Meski enggan mengungkapkan identitas saksi tersebut, Josefina mengatakan, saksi yang harusnya hadir itu sangat paham mengenai permasalahan yang terjadi antara Ahok dan Veronica.

Baca juga: Surat Cinta Ahok dan Balasan Veronica Diajukan sebagai Bukti

Menurut rencana, saksi tersebut akan kembali dihadirkan pada Rabu pekan depan. Jika saksi tak juga bisa hadir, persidangan akan dilanjutkan pada tahap kesimpulan.

"Minggu depan lihat kondisinya, kalau bisa hadir ya hadir. Ini saksi terakhir, kalau tidak bisa hadir ya kami langsung ke kesimpulan. Tidak ada bukti baru," ujar Josefina.

Baca juga: Kuasa Hukum Bawa Bukti Adanya Masalah Pribadi antara Ahok dan Veronica

Ahok menggugat cerai Veronica ke PN Jakarta Utara pada Januari lalu. Alasannya karena masalah keluarga yang telah terjadi sejak tujuh tahun lalu.

Pihak keluarga telah berusaha mendamaikan keduanya. Namun, tidak berhasil dan Ahok tetap menggugat cerai Veronica.

Baca juga: Sidang Gugatan Cerai, Mediator Ahok dan Veronica Menjadi Saksi

Dalam persidangan, Ahok diwakili kuasa hukumnya karena saat ini masih menjalani masa tahanan di Rutan Mako Brimob Depok terkait kasus penodaan agama.

Adapun Veronica tidak pernah hadir dan hanya menitipkan surat ke majelis hakim yang berisi pernyataan menyerahkan seluruh keputusan kepada kebijaksanaan hakim.

Selain menyerahkan bukti dokumen berupa foto dan chat WhatsApp, kuasa hukum Ahok telah menghadirkan tiga saksi.


Dua saksi berasal dari staf Ahok dan satu saksi lainnya merupakan pendeta yang juga memediasi Ahok dan Veronica. Selain menggugat cerai Veronica, Ahok juga menuntut hak asuh anak.

Baca juga: Apa Pertimbangan Hakim Minta Ahok Hadiri Sidang Cerai?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X