Berkaca dari Kasus Pelecehan Seksual di Jalan Jengkol Depok, Jangan Takut Lapor Polisi

Kompas.com - 19/07/2018, 16:11 WIB
IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi


DEPOK, KOMPAS.com - Komnas Perempuan mengapresiasi keberanian mahasiswi berinisial SN (21), yang mau melaporkan kasus pelecehan seksual yang dialami ke polisi.

SN sebelumnya mengalami pelecehan seksual di Jalan Jengkol, Gang Swadaya II, Depok, Minggu (15/7/2018).

Komisioner Komnas Perempuan Indriyati Suparno mengatakan, dengan korban mau melaporkan kasus pelecehan yang dialami, dapat membantu polisi untuk mengusut kasus tersebut.

“Cukup diapresiasi tindakan SN, dia sudah berani untuk melapor polisi sehingga polisi bisa usut kasusnya,” kata Indriyati, saat dihubungi, Kamis (19/7/2018).


Baca juga: Ini Ciri-ciri Pelaku Pelecehan Seksual Mahasiswi di Jalan Jengkol Depok

Indriyati mengatakan, keberanian korban untuk melapor juga dapat meningkatkan kewaspadaan bagi perempuan lainnya, agar mengantisipasi kasus serupa.

“Sehingga semua perempuan Depok lebih waspada karena pelecehan seksual dapat terjadi di mana-mana, baik di tempatnya ramai, sepi, dan siapa pun bisa berkemungkinan menjadi korbannya,” ucap Indriyanti.

Indriyati mengimbau, SN mau mendatangi Lembaga Bantun Hukum (LBH) agar dapat diberikan pelayanan khusus terkait trauma yang dialami.

“Kalau bisa sih korban konsultasi ke LBH untuk diberikan pelayanan pemulihan trauma, pendampingan konseling juga, sehingga tidak berkepanjangan,” ucap dia.

Baca juga: Polisi Berupaya Maksimal Tangkap Pelaku Pelecehan Mahasiswi di Jalan Jengkol Depok

Mahasiswi berinisial SN (21) sebelumnya melaporkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya ke Polresta Depok, Selasa (17/7/2018).

SN mengatakan, dijemput pihak kepolisian untuk melaporkan tindakan kasus pelecehan tersebut.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X