Berbagai Persiapan Kepolisian Jelang Asian Para Games 2018

Kompas.com - 05/09/2018, 09:07 WIB
Wakapolda Metro Jaya Bigjen Wahyu Hadiningrat usai memimpin apel persiapan Asian Para Games, Rabu (5/8/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Wakapolda Metro Jaya Bigjen Wahyu Hadiningrat usai memimpin apel persiapan Asian Para Games, Rabu (5/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Polda Metro Jaya mulai mempersiapkan pengamanan jelang Asian Para Games yang akan digelar di Jakarta pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

Wakapolda Metro Jaya Bigjen Wahyu Hadiningrat mengatakan, pengamanan tersebut nantinya akan dilakukan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Kami sekarang sudah melanjutkan kesiapan untuk itu (Asian Para Games), ini kan lanjut acaranya belum selesai. Jadi, TNI dan Polri dengan masyarakat seluruhnya kami harapkan untuk melaksanakan partisipasinya dalam pengamanan Asian Para Games," ujar Wahyu, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/9/2018).


Baca juga: Asian Games 2018 Usai, Pengelola GBK Persiapkan Asian Para Games 2018

Ditemui di kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, selain menyiapkan pengamanan, polisi juga tengah mempersiapkan pengaturan lalu lintas.

Sama seperti Asian Games, lanjut Yusuf, sebelum Asian Para Games digelar polisi juga akan melakukan simulasi untuk memastikan para atlet tiba di venue sesuai waktu yang ditentukan.

"Terus nanti sebelum Para Games, sama, ada torch relay. Kami siapkan pengamanan juga, sama," tutur dia.

Tak hanya itu, lanjut Yusuf, polisi juga akan melakukan sterilisasi di venue-venue, tempat pertandingan olahraga digelar.

Baca juga: Arena Balap Sepeda Velodrome Juga Akan DIpakai untuk Asian Para Games

Sterilisasi dilakukan untuk memecah kemacetan yang mungkin timbul di sekitar venue.

"Ada pertambahan tempat pertandingan yang di Asian Games tidak ada, tapi di Para Games ada. Salah satunya di Balai Sudirman. Saya belum ada schedule-nya. Tapi, di daerah sana kan agak rawan kemacetan di sana, bus harus mutar lama," sebut dia.




Close Ads X