Alat Berat Dikerahkan Angkut Sampah dari Hulu Kali Pisang Batu Bekasi

Kompas.com - 11/01/2019, 14:01 WIB
Tampak sampah di hulu Kali Pisang Batu yang berada di Kali Bancong, Medan Satria, Kota Bekasi, Jumat (11/1/2019).KOMPAS.com/DEAN PAHREVI Tampak sampah di hulu Kali Pisang Batu yang berada di Kali Bancong, Medan Satria, Kota Bekasi, Jumat (11/1/2019).

BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bekasi angkut tumpukan sampah di Kali Bancong, Medan Satria, Kota Bekasi yang disebut hulu dari sampah di Kali Pisang Batu, Kabupaten Bekasi.

Pantauan Kompas.com Jumat (11/1/2019), sejumlah gunungan sampah sudah terangkut oleh tim pematusan dari Dinas Binas Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi. Hingga siang, proses pengangkutan sampah masih dilakukan.

Satu unit alat berat juga dikerahkan untuk angkut sampah sepanjang hampir 500 meter yang sudah sangat padat. Sebanyak empat unit truk dan 22 petugas tim pematusan diterjunkan.

Lurah Pejuang Isnaini mengatakan, menumpuknya sampah hingga membuat tersendatnya aliran air disebabkan penyempitan lebar kali pada tikungan Kali Bancong.

Baca juga: Menelusuri Hulu Lautan Sampah Kali Pisang Batu Bekasi, Begini Kondisinya

"Kalau sampah di sini enggak teraliri karena ada penyempitan di sana yang kedua karena ada kayu yang melintang," kata Isnaini saat meninjau di Kali Bancong, Jumat.

Ketika hujan tidak deras maka aliran air kali pun kecil sehingga sampah menumpuk. 

Menurut Isnaini, sampah yang menumpuk di Kali Bancong bukan seluruhnya berasal dari warganya yang nakal buang sampah ke kali.

Sampah tersebut disebutnya berasal dari aliran kali sebelumnya yang belum diketahui sumbernya karena kali melintasi sejumlah wilayah kelurahan dan kecamatan.

Baca juga: Wali Kota Bekasi: Sampah di Kali Pisang Batu Tak Cuma dari Bekasi

"Sampahnya ketahan, hujannya enggak besar akhirnya numpuknya di wilayah saya akhirnya orang beranggapan sampahnya dari sini," tutur Isnaini.

Dia pun tidak bisa memprediksi kapan selesainya pengangkutan sampah. Bagi dia, pengangkutan akan dihentikan ketika kali sudah bersih dari sampah.

Diketahui, letak Kali Bancong yang dipenuhi sampah itu memang berbatasan langsung dengan Desa Setia Asih, Kabupaten Bekasi. Air dari Kali Bancong mengalirhingga ke Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia.

Sampah plastik dan rumah tangga penuhi Kali Bancong hingga sekitar 500 meter. Air kali juga berwarna hitam dan menimbulkan bau tak sedap.




Close Ads X