Kompas.com - 29/12/2020, 21:44 WIB
Ilustrasi. KOMPAS/AGUS SUSANTO AGUS SUSANTOIlustrasi. KOMPAS/AGUS SUSANTO

JAKARTA, KOMPAS.com - Waduk Semanan di RW 01, Kampung Duri, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat telah selesai dibangun.

"Kalau di Semanan untuk waduk sudah selesai," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, Selasa (29/12/2020).

Namun, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat yang bertanggungjawab atas pembangunan waduk masih menyiapkan saluran inlet dan outlet untuk menyempurnakan pembangunan waduk.

"Kami perlu ada inlet outlet, yakni saluran untuk menyalurkan air saat waduk sudah penuh. Nanti air kami buang lewat situ," tambah Uus.

Baca juga: Pembangunan Embung Semanan Ditargetkan Selesai Sebelum Akhir Tahun

Waduk itu dibangun untuk mencegah luapan air dari Kali Semongol yang kerap menggenangi permukiman warga. Dari tahun ke tahun, Kali Semongol meluap jika curah hujan meningkat.

Sementara, waduk Tegal Alur yang diharapkan memiliki fungsi yang sama masih dalam proses pengerjaan.

"Sudah 70 persen untuk di Tegal Alur," kata Uus.

Uus menjelaskan, pembangunan waduk  merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Ini tindak lanjut arahan Pak Gubernur bahwa di Jakbar ada beberapa lokasi yang (jika banjir) surutnya lama, pertama di Rawa Buaya, kemudian Semanan dan Tegal Alur," tambah Uus.

Pihak Satpol PP juga telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi curah hujan tinggi atau datangnya banjir di Jakarta Barat. Beberapa sarana yang disiapkan antara lain adalah mobil rescue, persiapan dapur umum, serta perahu karet.

"Semua itu apabila dibutuhkan dalam bencana maka semua barang siap termasuk ada dapur umum, perahu karet dan lain-lain," ujar Kepala Satpol PP DKI Arifin, Selasa.

Sebanyak 1.000 orang personel Satpol PP juga disiagakan jika banjir melanda Jakarta Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X