Kompas.com - 24/05/2017, 19:04 WIB
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, Grab meluncurkan sebuah program baru yang diharapkan dapat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengurangi kemacetan.

"Hari ini meluncurkan layanan carpooling sosial roda empat pertama kami di Indonesia yaitu GrabHitch (Nebeng) Mobil," ujar Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Karamadibrata kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2017).

Ridzki mengatakan, minat pembelian kendaraan roda empat yang digunakan untuk mengangkut penumpang layanan ojek online menjadi alasan dasar digagasnya program ini.

"Di Jakarta terdapat lebih dari 3 juta mobil penumpang pada 2014 dengan pertumbuhan sekitar 8,75% per tahun," kata Ridzki.

Menurutnya, pemesanan 1 unit mobil dalam layanan ojek online kadang-kadang menjadi mubazir jika jumlah pemesan jauh lebih sedikit dari kapasitas mobil sebenarnya.

"Layanan ini akan membantu mengurangi jumlah mobil berpenumpang tunggal yang melakukan perjalanan menuju dan dari pusat kota setiap harinya dengan mendorong semakin banyak orang untuk bepergian bersama dalam satu kendaraan," ucap dia.

Ridzki menjelaskan, layanan ini dirancang untuk para komuter reguler yang memiliki tempat duduk ekstra di mobilnya untuk menjemput teman seperjalanan yang memiliki rute atau tujuan yang sama.

"Sehingga setiap mobil berpotensi untuk turut serta dalam upaya mengurangi masalah kemacetan dan polusi udara di Jakarta, serta memenuhi permintaan akan tumpangan yang terus meningkat setiap harinya," ucapnya.

Baca: Kekhawatiran Grab Indonesia terhadap Pembatasan Kuota Taksi "Online"

 

Seperti diketahui, minat warga Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk menggunakan layanan ojek online memang tergolong tinggi. Minat menjadi driver ojek online pun menjadi meningkat.

Hal ini menyebabkan daya beli kendaraan roda dua maupun roda empat di Jakarta semakin tinggi setiap harinya dan semakin memenuhi ruas-ruas jalan di ibu kota, terutama pada jam-jam sibuk.

Kompas TV Penyedia layanan taksi online Grab dikabarkan mendapat suntikan dana senilai Rp 20 triliun.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.