Wali Kota Bekasi Prihatin Keluhan RS Swasta Pendapatan Turun Dampak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 03/09/2020, 12:20 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19
Penulis Cynthia Lova
|

BEKASI, KOMPAS.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku prihatin atas keluhan rumah sakit swasta terkait sepinya masyarakat yang berobat selama pandemi Covid-19.

Hal itu berdampak pada sisi bisnis rumah sakit swasta.

“Saya selaku Wali Kota Bekasi tentunya prihatin, tetapi ini kan bencana nasional, mungkin bencana dunia dengan adanya pandemi ini,” ujar Rahmat di Bekasi, Kamis (3/9/2020).

Rahmat mengatakan, rumah sakit swasta harus bisa meyakinkan standar operasional dan pelayanannya yang diterapkan pada masa pandemi sesuai aturan protokol kesehatan.

Misalnya, membedakan gedung tempat tidur isolasi pasien Covid-19 dengan ruangan rawat pasien selain Corona.

Baca juga: RS Swasta Bekasi Dipenuhi Pasien Covid-19, Asosiasi Sebut Berdampak pada Bisnis

Dengan demikian, masyarakat merasa yakin aman untuk berobat ke rumah sakit.

“Tetapi ada yang perlu kita jadikan catatan, seperti di beberapa rumah sakit swasta kelas B, ternyata dia membludak karena mungkin satu sistem pelayanan, SOP (standar operasionalnya) sedemikian rupa sehingga orang tidak khawatir lagi pada saat ditemukan pasien positif, dia masuk ruang isolasi khusus dengan standar pasien normal, dia masuk ke IGD yang disediakan,” kata Rahmat.

Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan penyuluhan ke masyarakat untuk tidak takut berobat ke rumah sakit rujukan pada masa pandemi.

“Ini yang perlu dibantu juga oleh Dinkes memberikan penyuluhan, memberikan kaidah, SOP (ke masyarakat untuk tidak takut berobat),” tambah dia.

Rahmat sebelumnya menginstrusikan setiap rumah sakit di Kota Bekasi harus bisa menerima pasien Covid-19.

Baca juga: Pendapatan Berkurang 70 Persen, RS Swasta Bekasi Rumahkan Karyawannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X