Penjelasan Kakorlantas Polri soal 'RPC Timeout' Saat Coba Aplikasi SIM Online

Kompas.com - 16/04/2021, 12:17 WIB
Polri telah meluncurkan aplikasi untuk pembuatan dan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) online yakni Sinar atau SIM Nasional Presisi. Hanya saja masih ada kendala saat memasukan nomor ponsel tangkapan layar aplikasi Digital Korlantas PolriPolri telah meluncurkan aplikasi untuk pembuatan dan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) online yakni Sinar atau SIM Nasional Presisi. Hanya saja masih ada kendala saat memasukan nomor ponsel

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Irjen Pol Istiono menjelaskan, ada sejumlah alasan yang menyebabkan 'RPC timeout' pada layanan daring pembuatan dan perpanjangan SIM Presisi Nasional (SINAR).

"Disampaikan bahwa RPC timeout karena: satu, masalah jaringan antara client (aplikasi) ke server yang memberikan service," kata Istiono saat dikonfirmasi, Jumat (16/4/2021).

"Dua, load server tinggi sehingga bottlenecking saat banyak request masuk," imbuhnya.

Menurut Istiono, pihaknya telah melakukan penelusuran atas keluhan RPC timeout dari warga.

"Kemarin dilakukan investigasi, proses mana yang terkena RPC, insya Allah hari ini dapat diselesaikan," jelas Istiono.

Baca juga: Mencoba Aplikasi SIM Online, Langsung Muncul RPC Timeout dan Gagal Masuk

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit sebelumnya meluncurkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM daring SINAR pada Selasa (13/4/2021) di SATPAS SIM Daan Mogot.

Aplikasi itu diluncurkan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat pada Selasa (13/4/2021).

Dengan diluncurkan aplikasi itu, masyarakat bisa membuat atau memperpanjang SIM dari jarak jauh menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, sejumlah warga mengeluhkan proses pembuatan dan perpanjangan SIM di aplikasi ini.

Kompas.com mencoba aplikasi tersebut dengan mengunduh 'Digital Korlantas Polri' melalui play store pada ponsel. Ini menjadi langkah awal pembuatan dan perpanjangan SIM online.

 Baca juga: Simak, Cara Buat dan Perpanjang SIM Online lewat Ponsel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X