Kompas.com - 21/09/2021, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian RI tengah mempersiapkan peluncuran Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS), yang merupakan aplikasi untuk melakukan ujian teori pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara online.

"E-AVIS itu ujian teori online untuk SIM, jadi kita memungkinkan masyarakat untuk melakukan ujian teori itu di rumah atau tidak harus datang di sini (SATPAS SIM)," kata Ipda Ambar, Pamen Teori SATPAS SIM Polda Metro Jaya (SATPAS SIM Daan Mogot, Jakarta Barat), Selasa (21/9/2021).

Menurut Ambar, nantinya, pemohon dipersilakan mendaftar, lalu membayar biaya pembuatan SIM seperti biasa. Pemohon kemudian akan mendapat nomor registrasi untuk dimasukkan ke aplikasi e-AVIS. 

Baca juga: Ujian SIM di Daan Mogot Kembali Pakai Sistem E-Drives

Setelahnya, pemohon dapat langsung mengerjakan ujian teori secara online.

"Di aplikasi itu ada fitur face recognition jadi selama mengerjakan itu dipastikan wajahnya pemohon yang mengerjakan," kata Ambar.

Namun, aplikasi ini, kata Ambar, belum secara resmi diluncurkan.

"Secara resmi belum di-launching ya, tapi sudah melaksanakan uji coba 8 september kemarin, uji coba ada SATPAS SIM Daan Mogot dan Polres Bandung, untuk yang di sini (SATPAS SIM Daan Mogot) lancar," ujar Ambar.

Untuk sementara waktu, e-AVIS baru digunakan di sejumlah SATPAS SIM, termasuk SATPAS SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Jadi warga yang datang ke SATPAS bisa ujian tidak manual (tertulis) seperti biasa tapi lewat komputer pakai e-AVIS itu yang dilengkapi face recognition," ujar Ambar.

Saat ini satu dari empat kelas ujian teori di SATPAS SIM Daan Mogot sudah dilengkapi komputer untuk mengakses e-AVIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.