Kompas.com - 18/04/2022, 14:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah lahan di Pancoran Buntu II, Jakarta Selatan yang kini bersengketa bukan hanya dijadikan tempat tinggal semipermanen dan lapak pemulung, teapi juga pernah dijadikan sebagai kafe.

Sebagai informasi, lahan di Pancoran Buntu II itu bersengketa antara warga dengan PT Pertamina yang mengeklaim kawasan.

Hingga kini, masih ada sejumlah warga yang tinggal di 23 bangunan di lahan Pancoran Buntu II.

Baca juga: Cerita Warga Soal Polemik Sengketa Lahan Pancoran Buntu, Berawal dari 2 Orang yang Mengaku Ahli Waris

Salah satu eks warga Pancoran Buntu II, Cucu mengemukakan, sejumlah kafe yang pernah didirikan itu tak seperti rumah makan pada umumnya, tetapi nampak banyak wanita di sana.

"Di depan ada kafe dangdut. Kafe itu banyak cewek nakal. Banyak yang datang dari mulai pemulung sampai pengusaha, ibaratnya pengusaha pemulung," kata Cucu saat dikonfirmasi pada Senin (18/4/2022).

Cucu menambahkan, lokasi Pancoran Buntu II saat itu bagaikan sarang penyamun dengan banyak kasus, salah satunya pernah ada penangkapan seorang yang diduga terkait penyalahgunaan narkoba.

"Benar-benar sarang penyamun. Sampai penangkapan narkoba juga banyak. Terakhir di kafe itu ada yang ribut karena habis minum ribut pukul-pukulan," ucap Cucu.

Cucu tak menampik bahwa kafe di Pancoran Buntu II itu kerap dirazia oleh aparat gabungan, baik Polri dan TNI serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Baca juga: Warga yang Masih Duduki Lahan di Pancoran Buntu II Ditawari Pindah ke Rusun

Namun, setelah razia, lokasi tersebut kembali dibuka.

"Habis dirazia, tutup. Abis itu buka lagi. Terus begitu. Tapi Pemulung yang hidupnya normal, sebenarnya juga ada," ucap Cucu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.