Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Warga Hampir Pingsan Saat Pesta Rakyat HUT Bhayangkara di Monas

Kompas.com - 01/07/2024, 18:26 WIB
Febryan Kevin Candra Kurniawan,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang warga hampir pingsan saat menghadiri acara pesta rakyat HUT Bhayangkara ke-78 di Pintu Timur Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Pengamatan Kompas.com di lokasi, warga yang hampir pingsan itu merupakan seorang perempuan. Dia sempat sesak nafas akibat desak-desakan dengan pengunjung lain yang menghadiri acara tersebut.

Melihat perempuan itu sesak nafas, pengunjung lain yang berada di lokasi langsung memberikan pertolongan. Perempuan itu akhirnya dibawa menjauh dari kerumunan warga untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Baca juga: Monas Padat, Warga Hanya Dikasih Waktu 2 Jam di Pesta Rakyat HUT Bhayangkara

Adapun kepadatan di lokasi terjadi karena pintu masuk keluar pengunjung berada di lokasi yang sama. Bahkan, pintu keluar untuk kendaraan juga sama.

Dengan kondisi itu, warga tak bisa leluasa masuk ke dalam Monas karena terhalang dengan kendaraan yang ingin meninggalkan lokasi.

Akibatnya, terjadi antrean panjang yang membuat warga berdesak-desakan. Bahkan, ada beberapa anak kecil yang menangis karena terdorong pengunjung yang memaksa masuk.

Kondisi ini juga diperparah dengan adanya warga yang berebut makanan gratis yang disediakan UMKM Bhayangkari. Makanan gratis yang disajikan tersebut berupa makanan ringan dan berat.

Baca juga: Pengunjung Padati Pesta Rakyat HUT Ke-78 Bhayangkara, Arus Lalu Lintas Macet

"Semua makan dan minuman gratis disediakan oleh panitia. Yang membawa anak atau balita agar diperhatikan jangan sampai terlepas pengawasannya. Apabila kelelahan dan sakit segera hubungi petugas medis untuk membantu," ucap Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di lokasi.

Sebelumnya diberitakan, polisi mengimbau masyarakat menghindari jalan seputar Monas agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas mulai pukul 09.00 WIB-24.09 WIB. Sebab, di Monas sedang diadakan pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78.

Acara tersebut diprediksi akan dihadiri kurang lebih 192.000 orang.

Pesta Rakyat tersebut juga dihadiri Presiden Jokowi, beserta presiden terpilih Prabowo Subianto dan para tamu undangan lainnya.

Baca juga: Ruas Jalan Menuju Istiqlal Macet Imbas Perayaan HUT Bhayangkara di Monas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com