Puluhan Warga Kelapa Gading Ikuti Pelatihan OK OCE - Kompas.com

Puluhan Warga Kelapa Gading Ikuti Pelatihan OK OCE

Kompas.com - 17/04/2018, 10:53 WIB
Seorang warga tengah mengikuti kegiatan pelatihan OK OCE di kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2018).KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Seorang warga tengah mengikuti kegiatan pelatihan OK OCE di kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan warga Kelapa Gading mengikuti pelatihan program One Kecamatan One Center for Entrepreneruship ( OK OCE) di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2018).

Staf Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara Aji mengatakan, pelatihan OK OCE yang digelar di sana mengambil tema kerajinan tangan.

"Untuk minggu ini kita temanya craft ya atau kerajinan tangan. Jadi kemarin sudah bikin sarung bantal, lalu hari ini bikin jilbab, buat besok tergantung instrukturnya," kata Aji kepada Kompas.com.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, puluhan ibu yang mengikuti pelatihan terlihat asyik memainkan tangan mereka untuk membuat karya yang bagus.

Baca juga : OK OCE di Kelapa Gading Didominasi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Usaha

Sesekali, dua orang instruktur yang didatangkan dari Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta tampak berkeliling dan memberikan bantuan kepada para peserta.


Aji menuturkan, ada empat bidang usaha yang akan diajarkan kepada para peserta, yaitu craft, kuliner, elektronik, dan fashion. Keempat bidang usaha itu akan dibahas bergantian setiap minggunya.

Tak hanya diajarkan memproduksi produk yang menarik, para peserta juga akan memeroleh ilmu tetang bagaimana mengelola usaha.

"Dari empat hari pelatihan, tiga hari praktik dan satu hari materi. Materinya mulai dari perbankan bagaimana mereka memperoleh modal, lalu perizinan, yang terakhir bagaimana mereka memasarkan produknya," kata Aji.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tujuh jam mulai dari pukul 09.00 pagi hingga 16.00. Adapun kuota peserta yang disediakan sejumlah 40 kursi. Tak ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan tersebut.


Komentar
Close Ads X