Pemprov DKI Buka "Betawi Store" di Lenggang Jakarta Monas - Kompas.com

Pemprov DKI Buka "Betawi Store" di Lenggang Jakarta Monas

Kompas.com - 23/03/2017, 11:58 WIB
Kompas.com/David Oliver Purba Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono saat mendatangi Muserenbang Kepulauan Seribu, Rabu (22/3/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meresmikan outlet suvenir Betawi bernama "Betawi Store" di Lenggang Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (23/3/2017).

Outlet ini menyediakan berbagai "buah tangan" dari kebudayaan Betawi, seperti bir peletok, minatur ondel-ondel, hingga ornamen gigi balang yang biasa dipasang di rumah khas Betawi.

Sumarsono menyampaikan, pembukaan outlet ini merupakan bagian dari rencana Pemprov DKI Jakarta untuk melestarikan kebudayaan Betawi di Jakarta.

(Baca juga: Anies Janji Bangun Pusat Kebudayaan Betawi di Jakarta)

Ia menyampaikan, belum ada tempat khusus yang benar-benar menjual barang-barang dengan ciri khas Betawi di Monas.

Outlet ini bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi dalam pengelolaannya.

"Banyak orang ke Jakarta mau cari oleh-oleh kultur setempat kok enggak ada, susah. Akhirnya mereka hanya cari tugu Monas. Semoga ini melengkapi kebutuhan masyarakat pendatang akan suvenir Betawi," ujar Sumarsono.

Selain membuka outlet Betawi di Monas, rencananya secara bertahap Pemprov DKI akan membuka outlet tersebut di sejumlah wilayah di Jakarta.

Secara terpisah, Ketua Bamus Betawi Zainuddin menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov DKI yang turut membantu melestarikan kebudayaan Betawi.

(Baca juga: Anies Isyaratkan Dapat Dukungan dari Ormas di Bawah Bamus Betawi)

Adanya outlet ini, lanjut Zainuddin, selain untuk memperkenalkan kebudayaan Betawi, juga membantu para pegiat usaha barang-barang kebudayaan Betawi.

"Atas nama kaum Betawi kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya selama ini dan mari kita bangun Jakarta dengan rasa Betawi," ujar Zainuddin.


EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X